Jenis Jengger atau Pial Ayam yang Wajib Diketahui



Mulai dari ayam kampung, ayam lokal ataupun ayam import, mereka semua memiliki keunikan dari bentuk tubuh, warna bulu sampai bentuk jengger. Mengenai perbedaan jengger, tanamternakrumahan ingin berbagi informasi mengenai jenis-jenis jengger ayam atau sebutan berbagai macam jenis jengger ayam.

Berikut ini beberapa jengger atau pial ayam yang perlu anda ketahui sebagai penggemar ataupun peternak ayam rumahan. Dengan mengetahui beberapa jenis pial atau jengger ayam yang familiar diketahui orang, maka anda jadi tahu jenis jengger atau pial apa yang ingin anda miliki sebagai peliharaan / ternak di rumah.


1. Single comb atau Jengger Wilah atau Jengger Bilah (pisau)

Masing- masing daerah memiliki pebedaan dalam menamai jenis jengger yang satu ini. Terlepas dari perbedaan julukan atau penamaan tersebut, jenis atau tipe jengger yang satu ini paling mudah dikenali. Semisal anda beli ayam potong, pasti akan menemukan jenis jengger yang seperti ini. Jengger yang berdiri tegak, serasa rambut mohawk dibalut lem kayu.



2. Pea Comb / Jengger Biji,  Jengger Telon atau Jengger Tigan

Tipe jengger yang ini sedikit berbentuk gerigi dan terdiri dari tiga baris yang terkadang ketiganya berukuran sama. Masih dalam lingkaran jengge telon, ada juga bentuk jengger blangkon. Yaitu jengger telon yang bentuknya mirip sekali seperti pola blangkon.
Lebih lanjut, ada juga yang namanya jengger bantam yang bentuknya tigan tetapi lebih , jengger bantam ular dan terbelah dua,misal jengger ayam birma.




3. Rose comb (Gerigi), Jengger Bunga Mawar

Jengger rose memiliki bentuk seperti layaknya jengger tigan dengan bagian atas menyerupai bunga mawar serta pada beberapa breed ayam berbentuk meruncing dibagian ujung belakangnya.




4. Cushion Comb atau Jengger Bantal

Jenis jengger ini mirip dengan jengger telon atau tigan atau pea comb, hanya saja jengger yang satu ini lebih cenderung berbentuk ouval layaknya bantal serta permukaannya lebih halus.




5. Strawberry Comb

Memiliki kemiripan dengan rose comb atau jambul gerigi. Hanya saja bentuknya lebih tinggi dan tidak meruncing pada bagian belakangnya selayaknya buah strawberry.




6. V-shaped Comb atau Jengger Tanduk Setan

Berbentuk huruf V, banyak orang juga menyebutnya tanduk setan. Hal itu disebabkan karena bentuknya yg menyerupai dua tanduk tepat di atas kepalanya. Contoh jenis ayam yang memiliki tanduk V adalah Houdans, Polish dan Sultans.




7. Buttercup Comb atau Jengger Ayam Sicilian

Jenis jengger buttercup memang jarang bisa kita temui. Merupakan jengger ayam sicilian buttercup yang berasal dari kepulauan italia bernama sicily. Dari bentuk fisik, buttercup hanya memiliki jengger kecil di bagian tengah dan lebih besar di bagian kanan kirinya.




8. Walnut Comb atau Jengger Sumber / Sumpel / Sumur / Sumbar

Merupakan jengger ayam yang hanya seukuran kacang atau cekung dibagian dekat paruhnya. Letaknya hanya sebatas garis mata ayam jika ditarik garis vertikal. Oleh karena itu banyak orang yang menyebut jenis jengger ini sebagai jengger sumber atau sumpel, jengger sumur, jengger sumbar. Bentuk fisik lainya, terdapat lubang di bagian belakang jengger jenis ini.




9. Carnation Comb

Bentuk tanduk yang satu ini bakal jarang anda temui. Bentuknya mirip single comb atau jengger wilah/ bilah atau jengger pisau. Hanya saja, dibagian ujung belakangnya bercabang atau ada tambahan meruncing ke kanan dan kiri.







Jenis Jengger atau Pial Ayam yang Wajib Diketahui Jenis Jengger atau Pial Ayam yang Wajib Diketahui Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 10, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.