Perbedaan Azolla dan Mata Lele


Pakan ternak bisa dibuat secara mandiri, salah satunya dengan cara menanam tanaman paku air lemna minor dan azolla. Kedua contoh tanaman paku air tersebut akan menjadi pilihan yang sesuai karena kandungan protein di dalamnya cukup tinggi jika diperuntukan pada ternak.

Mengenal tentang kedua tanaman paku air azolla dan lemna minor, keduanya memiliki perbedaan fisik yang cukup jauh. Berikut perbedaan tentang azolla dan lemna minor;

Bentuk Fisik

Secara fisik, tanaman lemna minor atau disebut juga mata lele memiliki bentuk daun oval. Sedangkan azolla memiliki bentuk daun seperti daun cemara kipas dan membentuk segitiga. Kemudian, perbedaan keduanya juga mudah kita kenali dengan cara melihat warnanya. Lemna minor cenderung memiliki warna hijau muda atau hijau neon sedangkan tanaman azolla cenderung berwarna hijau army.

Lemna minor berwarna hijau muda berbentuk oval, sedangkan azolla berbentuk menyerupai daun cemara kipas.


Habitat

Azolla dan lemna akan mudah ditemukan hidup saling berdesakan satu sama lain. Ketika tanaman yang satunya lebih dominan maka tanaman lainnya jumlahnya akan semakin berkurang. Tanaman azolla ataupun lemna minor berpotensi untuk saling mendominasi, oleh karena itu kita harus paham tentang  tentang karakter tumbuh keduanya agar tidak menjadi kecewa ketika tanaman yang tidak kita inginkan justru tumbuh mendominasi.

Azolla suka dengan intensitas matahari yang cukup banyak, sedangkan lemna minor hanya menyukai menyukai intensitas cahaya yang cenderung medium. Untuk menjaga atau membatasi agar kolam azolla agar tidak diambil alih oleh dominasi lemna, maka intensitas cahaya matahari dan penambahan pemberian pupuk dengan kandungan unsur phosfor harus dilakukan. Hal itu bertujuan mendorong pertumbuhan azolla menjadi semakin cepat.

Percepatan Tumbuh

Secara alami ketika berada pada media yang subur, azolla memiliki kemampuan tumbuh yang lebih cepat jika dibandingkan dengan tanaman lemna. Namun secara nilai protein, ada dikatakan bahwa nutrisi protein pada lemna akan lebih tinggi sedikit jika dibandingkan dengan kandungan protein yang terdapat pada azolla.

Jika kita lebih menginginkan azolla dibandingkan dengan lemna, maka kondisi intensitas matahari yang banyak serta didukung dengan pemberian kandungan pupuk phosfor harus diutamakan. Tanpa perlu kita ambil atau singkirkan lemna secara manual, nantinya pertumbuhan lemna akan kalah seiring pertumbuhan azolla yang semakin cepat.

Sebagai tambahan, karena bentuk fisiknya yang kecil, turunnya air hujan yang deras secara alami akan membuat lemna semakin tersingkir kepinggir. Air hujan sangat disenangi oleh tanaman azolla karena kandungan mineral di dalamnya. Selain itu, turunnya hujan juga secara alami mampu memecah tumpukan pertumbuhan azolla.

Perbedaan Azolla dan Mata Lele Perbedaan Azolla dan Mata Lele Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on April 02, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.