Biji Kecipir

Berikut ini ciri- ciri, bentuk dan warna dari biji kecipir. Lebih jauh, sayur kecipir ini merupakan salah satu jenis sayuran yang bermanfaat bagi tubuh. 


Nama latin atau nama ilmiah kecipir: Psophocarpus tetragonolobus.
Indonesia: lebih banyak dikenal sebagai cipir, cicipir, kecipir(jawa), kacang botol/ kacang belingbing(sumatra), kacang embing(Palembang), biraro (Manado, Ternate), kacang botor.
Inggris: Winged Bean, Winged bean, Winged pea, Four-angled bean, Goa bean, Asparagus pea.

Kandungan zat yang terdapat pada Kecipir:
Kandungan protein pada biji kecipir menyerupai kandungan protein pada kedelai. Biji kecipir juga mengandung banyak fosfor, kalsium dan magnesium.
Pada Biji dan Daunnya, tanaman kecipir mengandng flavonoid, saponin dan tanin.
Sebenarnya kandungan kalsium tertinggi pada tanaman kecipir terdapat pada daunnya. Sedangkan pada buahnya, kecipir banyak mengandung kalsium dan fosfor. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah tanaman kecipir beserta bijinya dapat membantu dalam membangun tulang yang kuat serta membantu menghasilkan energi bagi yang dalam kondisi lemas.

Lebih lanjut, tanama kecipir merupakan sumber folat yang merupakan komponen penting untuk sintesis DNA dan pembelahan sel. Selain itu, folat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.






Biji Kecipir Biji Kecipir Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 31, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.