Supaya Tekukur Ombyokan Cepat Jinak


Memelihara burung jinak bisa menjadi kebanggaan bagi pemilik burung. Apalagi ketika bisa dilepas liarkan dan hanya beterbangan disekitar llingkungan kandang, hal itu akan menyenangkan. Namun, tidak semua orang setelaten itu untuk mengajari burung dari mulai lolohan hingga dewasa dan jinak total.

Topik kita kali ini adalah mengenai proses penjinakan tekukur yang asalnya dari ombyokan. Bagaimana cara melakukan penjinakan burung tekukur ombyokan? Berapa lama proses penjinakan akan berlangsung?  Serta banyak hal lain yang akan dibahas dan masih berhubungan dengan proses penjinakan burung tekukur.

Burung tekukur yang kita beli dari ombyokan biasanya merupakan hasil pikatan. Mereka bisa berasal dari berbagai daerah berbeda dan dikirimkan sesuai dengan permintaan ke daerah tujuan. Mengenai usia dari burung tekukur ombyokan, kita bisa dapatkan berbagai pilihan mulai dari burung tekukur yang masih berusia muda hingga yang sudah dewasa dan siap untuk diternakan ada di sana.

Baca juga : Membedakan Tekukur Tua atau Muda dari Ombyokan

Kemampuan kita tentang burung tekukur diuji ketika memilih mereka dalam kandang ombyokan. Mulai dari memilih postur burung yang bagus hingga meraba jenis kelamin burung tekukur sebaiknya memang mengikuti kehendak kita. Karena, jika menurut saja pada si penjual, maka jangan kecewa dengan hasilnya.

Baca juga : Cara Cepat Tentukan Kelamin Tekukur Ombyokan

Dari banyak sumber, tertulis cara menjinakan burung tekukur bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui dengan memandikan burung yang baru dibeli. Pendapat tersebut memang tidak salah, namun perlu ada tahap-tahap yang dilakukan sebelum akhirnya kita memutuskan untuk memandikan burung tekukur yang kita beli dari ombyokan.

Berikut  tahap-tahap penjinakan burung tekukur asal Ombyokan;

Mempersiapkan Kandang Full Set,
Pakan dan minum yang cukup banyak akan dipergunakan selama proses adaptasi. Kurang lebih satu minggu, kita akan membiarkan burung tekukur ombyokan tanpa kita sentuh atau ganggu. Biarkan dia nyaman dengan tempat barunya dan makan dengan berbagai macam bijian yang sudah tersedia sebagai pemenuhan nutrisi bagi tubuhnya.

Baca juga: Pakan Yang Disukai Tekukur dan Puter

Pantau Tingkah Laku Tekukur,
Dalam 2-3hari, jika burung tekukur sudah mau makan dengan normal, hal itu petanda baik. Namun jika terpantau burung tekukur sering diam dan tak mau makan, hal itu perlu diwaspadai. Coba cek juga kondisi kotorannya. Jika encer atau berwarna kehijauan atau putih semua dengan kondisi tembolok yang kosong, maka proses adaptasi kandang perlu dihentikan sejenak.  Disela dengan proses loloh secara manual untuk menyelamatkan kondisi kesehatan burung.

Proses meloloh manual hanya perlu dilakukan ketika burung benar-benar tak mau makan dan kondisinya menunjukan gestur tak sehat. Namun, ketika terpantau tetap makan meski hanya sedikit, maka proses adaptasi tanpa kita sentuh atau ganggu selama seminggu bisa dilanjutkan. Tekukur bukan termasuk burung yang rakus makan. Apalagi ketika kondisinya masih burung masih stres, maka sedikit makan sudah cukup.

Pantau Berbunyi atau Belum,
Setelah satu minggu berlalu, seharusnya burung sudah mulai bisa berbunyi. Bahkan dalam dua hari pun seharusnya burung tekukur sudah mulai belajar bunyi meski masih terdengar ragu-ragu dengan volume yang yang dihasilkan juga kecil.

Pancing dengan suara mp3 jika diperlukan. Kondisi sendiri dalam kandang serta tanpa ada kandang burung tekukur lain di sekitar, secara otomatis membuat burung asal ombyokan mau berbunyi. Hal itu juga bagian dari berhasilnya proses adaptasi. Sebuah proses yang bertujuan untuk mengembalikan mental burung tekukur.

Baca juga: Supaya Tekukur Ombyokan Cepat Bunyi

Proses Penjinakan,
Proses penjinakan tahap awal dilakukan untuk membuat burung tidak merasa ketakutan ketika ada tangan masuk ke sangkar. Mengganti makan dan minum menjadi kegiatan rutin yang akan dilakukan. Oleh karena itu, membuat burung agar tetap tenang ketika diberi makan dan minum bisa dibilang merupakan keharusan.

Kenapa menjadi keharusan? Terutama di dalam sangkar berukuran kecil, kondisi giras seperti layaknya kuda lumping yang kesurupan cenderung akan merusak bulu sayap dan bulu ekor tekukur. Hal itu akan buruk bagi penampilan tekukur.

Menurut tanam ternak, proses penjinakan paling mudah dan cepat untuk burung tekukur asal ombyokan adalah dengan meletakan pada sangkar layang. Tentunya hal itu dilakukan setelah burung melewati proses adaptasi. Sangkar layang atau sangkar tanpa jeruji dan diberi tali kaki menjadi cara termudah dan tercepat untuk menaklukkan kondisi giras pada burung tekukur.

Sangkar layang bisa dibuat sendiri atau dengan cara membeli sesuai dengan bentuk sangkar yang diinginkan. Untuk tali kaki, hal itu juga bisa dibuat sendiri atau didapat dengan cara membeli secara online ataupun offline.

Sebenarnya meletakan burung tekukur pada sangkar layang dan diberi tali merupakan cara untuk membuat burung tekukur dalam kondisi submisive atau patuh. Burung akan mencoba terbang namun terambat tali dan akhirnya dia akan diam karena tak ada pilihan lain.

Dlam beberapa menit, burung akan mulai tenang. Kemudian bisa kita mandikan denga cara disemprot dengan setting embun atau percikan air yang paling halus. Semprotan dengan setingan embun  akan menjaga kondisi burung agar tidak terlalu ketakutan. Lakukan hingga burung basah kuyub. Setelah selesai melakukan semprotan, beri usapan dan belain pada kepala dan sayapnya. Lakukan secara perlahan dan sesuaikan dengan kondisi respon yang ada.

Hal itu bisa dilakukan setiap hari pada pagi ataupun sore hari selama satu minggu dengan dibarengi usapan tangan. Intensitas yan tinggi untuk berinteraksi dengan tekukur akan membuat burung tekukur semakin terbiasa.

Jika memang sudah terlihat semakin tenang ketik diusap atau dielus tangan, maka burung tekukur bisa dikembalikan ke dalam kandang. Namun, jika ingin tetap diletakan pada sangkar layang dan membiarkan burung tekukur untuk semakin jinak dengan kita, maka proses penjinakan bisa dilakukan terus menerus. Sebagai tambahan, sebaiknya hindarkan sangkar layang dari jangkauan predator agar penyesalan tak menghampiri.

Supaya Tekukur Ombyokan Cepat Jinak Supaya Tekukur Ombyokan Cepat Jinak Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on June 20, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.