Kandungan Kunyit dan Fungsinya bagi Manusia


Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang familiar di masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, kita bisa dengan mudah menemukan jamu traditional yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya. Tanaman dengan nama latin Curcuma longa Linn. syn ini memang mudah untuk di budidayakan sebagai bagian dari tanaman obat keluarga. Tanaman ini dipercaya berkhasiat untuk menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal serta menyebuhkan kesemutan.

Pemanfaatan tanaman kunyit tidak terbatas pada konsumsi jamu ataupun sebagai pewarna kuning alami, namun juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik, rempah bumbu dapur serta masih banyak guna lain. Lebih lanjut, fungsi kunyit sebagai obat traditional antara lain; sebagai anti inflamasi, anti mikroba, anti oksidan, pencegah kanker, anti tumor serta sebagai penurun kadar lemak darah juga kolesterol.



Sebagai tanaman rempah  yang dekat dengan kehidupan manusia, tanaman kunyit mudah untuk di tanam dalam polybag. Masyarakat banyak memanfaatkan tanaman ini baik daun atau rimpangnya sebagai pelengkap bumbu daput. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup serta asupan nutrisi pada media tanamnya agar mampu tumbuh subur serta agar rajin menghasilkan rimpang.
Kandungan Kunyit dan Fungsinya bagi Manusia Kandungan Kunyit dan Fungsinya bagi Manusia Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.