Pupuk NPK itu APA


Sering kali kita mendengar atau membaca bahwa tanaman membutuhkan pupuk NPK untuk tumbuh. Entah hasil dar membaca komenan orang via sosial media atau dari penjual tanaman yang enyarankan untuk membeli pupuk tertentu yang mengandunng unsur NPK. Namun apa kita sebenarnya tahu pupuk NPK yang disebut- sebut tadi seperti apa dan untuk apa fungsinya?

Pupuk NPK merupakan tiga unsur pupuk yang dibutuhkan tanaman serta tanah sebagai salah satu sumber unsur hara makro. N berati Nitrogen, P berarti fosfor, dan K untuk kalium. Ketiga unsur hara tadi memiliki peran yang berbeda namun saling sokong antara satu dengan lainnya yaitu dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, serta kesehatan tanaman.



N (nitrogen):
Berfungsi  untuk memacu pertumbuhan tunas dan batang dan daun.

P (fosfor):
digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar, buah, dan biji.

K (kalium):

digunakan untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit

Dari ketersedian ketiga unsur di atas, tanaman akan mampu tumbuh dengan optimal sesuai bentuk serta ukuran yang sebenarnya. Sebagai tambahan, penggunaaan NPK organik bukan hanya aman bagi manuasia tetapi juga baik untuk kondisi keberlanjutan tanah. Tanah yang dalam kondis sehat akan mampu menyokong kebutuhan nutrisi tanaman yang hidup di dalamnya.
Pupuk NPK itu APA Pupuk NPK itu APA Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.