Racikan Obat Alami Snot Flu Ayam


Snot atau Infeksius coryza merupakan penyakit yang menyerang unggas terutama pada ayam. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum dan mudah menular. Berbeda dengan sistem imune unggas air, penyakit ini lebih mudah menyerang ayam serta burung.

Berbeda dengan virus flu burung penyakit snot ayam dikenal juga dengan sebutan penyakit flu ayam atau korisa. Ditandai dengan keluarnya ingus pada ayam serta mata ayam yang sering kali terpejam, bengkak dan berair. Kemudian, ayam cenderung terlihat kedinginan dan lebih pasif. Ciri fisik tersebut di atas adalah yang mudah dikenali tadi menjadi penanda bahwa ayam yang kita miliki sedang terserang snot.

Penyebab munculnya penyakit flu ayam atau korisa salah satunya disebabkan oleh kondisi kandang yang tidak terjaga kebersihanya. Semisal, kotoran ayam yang menumpuk, kondisi kandang yang lembab, sirkuasi udara yang buruk, minuman dan pakan yang bercampur kotoran, dll. Penyebaran penyakit ini bisa terjadi lewat pakan dan minumannya bahkan melalui udara. Namun penyakit snot (korisa atau flu) seringkali datang dimusim penghujan saja dan jarang terjadi dimusim kemarau.



Pencegahan bisa juga dengan cara pemberian vitamin pada air minum ayam sebagai peningkat daya tahan tubuh ayam. Jika ayam sudah terlanjur terkena penyakit ini sebaiknyalakukan beberapa hal berikut ini;
1. Bergerak cepat untuk memisahkan ayam dengan koloninya agar penyakit tidak menyebar.

2. Ambil semua tempat pakan serta minum ayam dan bersihkan atau ganti dengan yang lebih steril.

3. Tambahkan disinfektan pada air minum dan kandang ayam isolasi.

4. Beli obat anti snot di toko peternakan.


Jika ingin mengobati ayam dengan obat tradisional atau obat alami, kita bisa berikan racikan dar bahan Kencur dan jahe. Berikut carameraciknya;
1. Tepung beras 300gr
2. Kencur 200gr
3. Jahe parut 50gr

Campurkan bahan yang telah dihaluskan hingga merata. Kemudian dicetak atau dibentk sesuai dengan kebutuhan. Ukuran besarnya bisa gunakan perbandingan ukuran pelet pada umur ayam atau disesuaikan agar ketika diberikan mudah ditelan. Setelah ramuan dibentuk, bisa dijemur atau masukan pada kulkas agar keringdan mudah untuk stok pemberian hari- hari berikutnya.

Ramuan ni bisa diberikan 3 x sehari atau minimal 2x sehari pada pagi dan malam hari. Pemberian ramuan ini bukanah hal mudah. Kondisi ayam ayang susah melihat serta kedinginan akan membuat afsu makan ayam juga turun drastis. Oleh karena itu, kita masih perlu menyuapi ayam agar tubuh ayam tetap terisi asupan makanan. Berikut cara agar nafsuayam kembali pulih dengan cara mengkonsumsi daun pepaya dan.... (link Obat Alami Tambah Nafsu Makan Ternak Ayam)

Racikan Obat Alami Snot Flu Ayam Racikan Obat Alami Snot Flu Ayam Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 06, 2019 Rating: 5
Powered by Blogger.