Rawat Anak Ayam Saat Dinginnya Musim Kemarau


Pada musim kemarau panjang seperti saat ini merawat anakan ayam dari umur 0 merupakan hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Saat siang hari cuacanya panas dan ketika menjelang sore udara dingin mulai datang hingga nanti berlangsung lebih dari 12 jam.

Ayam umur 0 hingga 1 bulan membutuhkan suhu hangat sebagai prioritas. Tanpa suhu hangat yang terjaga, kondisi ayam yang masih sangat rapuh akan mudah terserang penyakit serta berpotensi pada mortalitas yang tinggi. Meskipun diletakan di kandang bersama induknya, sebaiknya tetap gunakan lampu penghangat sebagai supply konstan (terus menerus) suhu hangat di kandang.



Berikan pur ayam sepanjang waktu atau sekitar 5 kali disiang hari atau bisa juga diberikan stock lebih agar tidak perlu repot memberi makan setiap waktu. Sebagai tambahan, berikan1 kali pakan di malam hari. Selain menghindari kemungkinan ayam mati, pemberian pakan saat usia ayam 0-30 hari dengan metode seperti di atas akan memacu pertumbuhan ayam secara maksimal. Pemberian vitamin pada minum anak ayam juga diperlukan agar imune anak ayam tetap terjaga untuk melawan kondisi cuaca.

Sebagai tambahan, kita bisa berikan ramuan tradisional alami untuk minum anak ayam. Ramuan alami ini merupakan usaha preventif (pencegahan) agar kekebalan tubuh anak ayam tetap dalam kondisi yang prima. Bahan- bahan yang digunakan terdiri dari; jahe, kencur, cengkeh, kunyit serta daun afrika. Semua bahan diukur dengan perbandingan 1:1. Lakukan perebusan selama 30 menit dengan api kecil agar unsur penting di dalamnya dapat larut bersama air. Berikan 3 x dalam seminggu atau 1 x sehari pada waktu malam hari. Pemberian minum  ramuan tradisional ini sebaiknya diberikan sebelum jam makan anakan ayam agar cepat diserap oleh tubuh ayam.
Rawat Anak Ayam Saat Dinginnya Musim Kemarau Rawat Anak Ayam Saat Dinginnya Musim Kemarau Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.