Bentuk Fisik Umbi Kentang Hitam




Merupakan sumber pangan alternatif, umbi kentang hitam sangat potensial untuk ditanam dipekarangan rumah dan bisa dipanen ketika diperlukan. Sama seperti umbi jenis lain, umbi kentang hitam juga mengandung banyak karbohidrat. Perbedaanya terdapat pada kulitnya yang yang mengandung banyak serat yang akan sangat baik untuk mengimbangi jumlah bayaknya karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh ketika dikonsumsi.

Banyak sebutan yang disematkan pada umbi yang satu ini, antara lain; kentang kleci, kentang cina, kentang jawa dan masih banyak lagi sebutan berbeda yang diberikan untuk umbi kentang hitam yang bernama ilmiah Plectranthus rotundifolius ini. Umbi kentang hitam berwarna kulit gelap dan berwarna kuning terang mendekati putih pada bagian dalamnya. Sebelum ataupun sesudah mengalami proses perebusan atau pengukusan selama kurang lebih 30 menit, teksturnya lembut seperti kentang lain. Namun yang berbeda terletak pada kulitnya yang crunchy jika dimakan tanpa dikelupas terlebih dahulu. Lebih baik memang memakan kentang ini tanpa dikupas kulitnya, tentu setelah dicuci bersih sebelum diolah. Dengan mengkonsumsi kentang hitam beserta kulitnya, maka kandungan karbohidrat yang tinggi akan terselamatkan dengan adanya kandungan serat yang tinggi pada kulit kentang hitam. 



Ukuran umbi kentang hitam tidak terlalu besar, hanya sebesar jemari tangan orang dewasa. Hal ini yang membuat umbi kentang hitam sangat cocok untuk dijadikan camilan tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu ketika dikonsumsi.

Bentuk Fisik Umbi Kentang Hitam Bentuk Fisik Umbi Kentang Hitam Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.