Perbanyakan Tanaman Jarak dari Biji



Berbentuk bulat telur, buah tanaman jarak berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi coklat kehitaman saat sudah tua. Saat berwarna coklat tua dan mulai mengering itulah, biji tanaman jarak bisa diambil untuk ditanam. Setiap satu buah tanaman jarak akan berisi 3 biji jarak. Biji jarak mengandung toxin serta minyak atsiri.

Tanaman jarak memiliki akar tunggang. Oleh karena itu, tanaman ini akan mampu hidup meski di lingkungan kering. Tanaman ini juga dikenal memiliki sistem perakaran yang mampu menahan air serta menahan erosi tanah.

Untuk menanam tanaman jarak dari biji, sebaiknya hal yang pertama harus dilakukan adalah memilih benih atau biji yang masih baru dipetik atau yang masih dalam kondisi baik. Dengan cara mengambil buahnya yang sudah tua dari pohonnya, biji jarak yang ditanam akan cepat tumbuh dalam 3 hingga 7 hari selepas tanam. Sebaiknya meletakan semaian biji jarak pada kondisi area full sun atau area yang mendapat matahari penuh. Berikan pula air 2 hari sekali pada pagi dan sore hari supaya kelembaban dalam tanah tetap terjaga untuk merangsang percepatan tumbuh biji jarak.

Gunakan media tanam yang sehat dan gembur. Dengan menggunakan media tanam yang gembur dan sehat, biji jarak akan dengan mudah tumbuh. Dalam jangka waktu 5 minggu tanaman jarak akan tumbuh setinggi 30cm dengan ukuran batang sebesar 1 cm. Dan dalam kurun waktu 2- 3 tahun, tanaman jarak sudah mulai berbuah.
Perbanyakan Tanaman Jarak dari Biji Perbanyakan Tanaman Jarak dari Biji Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.