Cara Semai Labu Mentega Supaya Berbuah Banyak



Labu mentega merupakan salah satu asupan nutrisi yang baik utuk tubuh. Hal itu juga dilakukan para ibu untuk digunakan sebagai makanan pendamping ASI "Mpasi". Pada umur tertentu, bayi diperbolehkan mengkonsumsi labu mentega atau minimal ketika bayi berumur 6 bulan. Hanya dengan dikukus atau di rebus lalu di haluskan, labu mentega sudah siap untuk di berikan pada bayi.

Karena keunggulan itu, labu mentega memiliki harga yang cukup tinggi dipasaran. Namun, apabila kita memiliki lahan untuk bertanam , kita juga bisa menanam labu mentega sendiri. Caranya bisa dimulai dari membeli benih lau mentega atau jika kita bisa menemukan labu ini di supermarket atau penjual buah, kita bsa juga mendapatkan benih dari buah yang kita beli.

Pilih buah labu mentega dengan kondisi besar membulat pada bagian bawah atau tidak dekat bagian pangkal batang. Pada bagian bawah merupakan kantung biji yang jika ukuranya semakin besar maka  jumlah simpanan biji buahnya akan semakin banyak. Hal itu berarti selain kita akan mendapatkan banyak biji, kita juga akan mendapatkan biji labu yang bisa ditanam. Ciri-ciri biji labu mentega yang bagus adalah yang gemuk / cembung dan bukan yang pipih atau kempes.



Cara Semai Labu mentega cukup mudah atau bisa dibuat dengan sangat mudah;

Yang pertama, kita siapkan plastik tipis (dilubangi) atau gunakan daun pisang dan bentuk seukuran 1/4kg. Gunakan media tanam sekam, pupuk kandang serta tanah biasa 1:1:1. Letakan satu hingga dua biji labu mentega lalu siram hingga media basah. Letakan pada area full kena panas matahari seharian dan jangan lupa siram setiap pagi dan sore hari.

Tahap kedua, Pilih area bebas naungan atau area yang tidak berada di bawah pohon. Lalu, olah area tanah yang akan digunakan menanam benih semaian labu mentega. Kita olah tanah dengan menggunakan campuran sekam dan pupuk kandang atau gunakan kompos atau pupuk organik jenis lain. Jangan lupa untuk sebisa mungkin gunakan pupuk organik untuk tanaman konsumsi.  Dengan pupuk organik, tanaman juga akan sehat serta mampu digunakan secara terus menerus tanpa resiko kerusakan pada kualitas tanah.

Kemudian dalam 14- 15 hari benih labu mentega sudah berukuran tinggi sekitar 15-20 cm. Benih  sudah siap untuk dipindah ke tanah yang sebelumnya sudah kita persiapkan. Karena menggunakan plastik tipis atau menggunakan daun pisang, maka kita tinggal meletakan benih labu mentega dan timbun lagi dengan tanah. Siram benih yang ditanam pagi dan sore atau jangan sampai tanah dalam kondisi kekeringan. Jika kita bisa menjaga kondisi ini maka tanaman labu mentega akan tumbuh dengan subur. Jika tanaman sedang dalam masa berbuah, lakukan pemupukan ulang agar tanaman mendapat tambahan asupan makanan untuk memproduksi buah dengan maksimal.
Cara Semai Labu Mentega Supaya Berbuah Banyak Cara Semai Labu Mentega Supaya Berbuah Banyak Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 22, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.