Daun Jarak Sebagai Obat Luar




Merupakan tanaman yang bisa ditana di area rumah, tanaman jarak memang tetap bisa tumbuh dan menghasilkan banyak daun serta buah meski hanya memiliki tinggi sekitar satu meter saja. Dengan ciri khas seperti itu, kita sebagai warga pertanaman di era modern semestinya bisa menghadirkan tanaman jarak sebagai bagian dari pengadaan obat herbal bagi keluarga. Berikut bermacam hal yang dapat diupayakan sebagai obat herbal luar menggunakan tanaman jarak;

1. Daun dari tanaman ini bisa digunakan sebagai obat herbal luar untuk perut kembung, caranya dengan mengambil beberapa lembar daunnya. Bersihkan daun dari getah lalu olesi dengan minyak kayu putih atau sejenisnya. Setelah itu tempelkan pada bagian perut serta bagian dada agar manfaat hangat yang dimiliki oleh daun jarak dapat bekerja dengan maksimal. Sebaiknya tempel lembaran daun saat kondisi istirahat malam untuk kualitas tidur semakin maksimal.

2. Sebagai obat herbal luar untuk rematik, caranya dengan mengambil beberapa helai daun jarak. Jumlah daun yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan area yang terasa nyeri atau sakit. Lalu helaian daun tadi dihaluskan ( digiling, ditumbuk, dan sebagainya) dengan menambah sedikit air hangat. Daun jarak yang sudah dihaluskan tadi bisa segera dioleskan pada area yang sakit. Lakukan berulang jika memang ada indikasi perubahan yang terasa (membaik) setelah menggunakan daun jarak tadi.


3. Untuk merawat luka atau meredakan memar, caranya hampir sama hanya dengan melumuri luka yang telah dibersihkan dengan helaian daun jarak yang telah dihaluskan. Lakukan berulang apabila memang luka menunjukan kondisi membaik.

4. Mengatasi kerontkan rambut, caranya degan mengambil beberapa helai daun jarak kemudian dihaluskan dengan mencampur dengan sedikit air hangat lalu peras. Gunakan air perasannya yang dalam kondiai hangat untuk diusapka pada kulit kepala. Fungsi dari perasan daun jarak adalah untuk melancakan peredaran darah di kepala serta merangsang pertumbuhan rambut. Gunakan handuk atau penutup kepala setelah menggunkan perasan daun jarak dan diamkan semalaman sebelum esok harinya dikeramas.
Daun Jarak Sebagai Obat Luar Daun Jarak Sebagai Obat Luar Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.