Kutu Putih Mealybug Semua Betina


Dikatakan bahwa kutu putih bukan merupakan hama asli dari Indonesia. Hama ini berasal dari Amerika Selatan (menurut litbang pertanian). Semua kutu putih merupakan betina (bersifat partenogenetik telitoki). Jadi hama ini akan bertelur tanpa melalui proses fertilisasi serta semua keturunan yang dihasilkan adalah betina. Kutu putih dewasa tubuhnya berwarna merah muda diselimuti lapisan sejenis bedak putih serta berbentuk oval. Sedangkan telur yang dihasilkan antara 200-600 butir telur, berwarna kuning berada dalam kantung telur (ovisac).

Mealybug dikenal masyarakat penanam dengan sebutan kutu putih. Hama kutu putih termasuk dalam golongan hama polifag dikarenakan hama ini menyerang banyak jenis tanaman. Sebagai contoh, tanaman ketela pohon, buah pisang, batang dan buah pepaya, batang murbei, tanaman insulin, pucuk tanaman alpukat, berbagai macam daun tanaman, dan masih banyak tanaman lain yang dihinggapi serta diserang hama kutu putih khususnya yang berada pada area shade atau tidak terlalu terkena panas matahari. Dengan cara menghisap cairan tanaman yang ditempati, maka hasilnya daun menjadi tumbuh tidak normal.

Cara membasmi kutu putih yang hinggap ditanaman rumahan milik kita bisa dilakukan dengan cara menyemprot dengan pestisida yang dijual di toko pertanian. Berbagai macam merk akan kita temui di sana. namun jika menghendaki petisida nabati, kita bisa membuatnya dengan bahan- bahan alami seperti; Sereh, Sirih serta Rendaman tembakau. Atau jika hama kutu putih yang menyeang masih dalam tahap ringan, kita bisa langsung semprotkan air bersih pada bagian tanaman yang dihinggapi kutu. Semprot hingga kutu hilang dan tanaman kembali bersih agar tidak ad telur hama yang tertinggal.


Kutu Putih Mealybug Semua Betina Kutu Putih Mealybug Semua Betina Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.