Cara Menanam dan Memperbanyak Rumput Odot



Rumput odot masih banyak ditemukan serta dibudiyakan masyarakat pedesaan sebagai sumber makanan ternak utama juga bisa di gunakan sebagai pemulih nafsu makan kelinci yang terbiasa dengan pakan pelet. Tanaman rumput odot cocok untuk hampir semua ternak, baik hewan ternak kecil ataupun hewan ternak besar seperti sapi ataupun kerbau. Bentuk fisik rumput odot menyerupai rumput gajah. Perbedaan mendasar terletak pada permukaan daunnya yang lebih halus dibanding permukaan rumput gajah yang terdapat bulu- bulu tajam. Sebagai contoh, tepian daun rumput odot tidak setajam tepian daun rumput gajah yang jika tidak hati- hati saat memegang atau memanen rumput gajah akan dengan mudah melukai tangan.



Tanaman rumput odot memiliki tinggi sekitar 50cm saat sudah siap dipanen. Kita tinggal potong pangkal dekat akar agar nantinya akan banyak tunas baru yang tumbuh menggantikan tunas lama. Kemudian, untuk proses perbanyakan, kita bisa ambil dari tunas- tunas baru yang muncul. Ambil bersama sedikit rimpangnya atau kalau ada ambil rimpang yang sudah mulai muncul akar. Potong menggunakan pisau atau langsung saja pisahkan tunas- tunas dengan cara ditarik untuk kemudian bisa langsung ditanam. Ada juga cara perbanyakan vegetative lain yang bisa dilakukan yaitu dengan cara stek batang rumput odot. Untuk meakukan stek batang, kita hanya perlu memotong batangnya menjadi beberapa bagian lalu tancapkan pada media tanam.

Menanam rumput odot bisa dilakukan di polybag atau di ladang. Jika ingin menanam di ladang, kita bisa beri 50cm atar tanaman. Satu lubang cukup diisi satu hingga du batang saja. Panenan pertama sebaiknya dilakukan pada hari ke 80. Hal itu bertujuan agar kar dari rumput ini sudah menjalar dan siap untuk menghasilkan banyak tunas pada panenamn yang kedua, yaitu sekitar 30hari setelah masa panen yang pertama.

Media tanam untuk rumput odot bisa beragam. Bisa menggunakan kompos, pupuk kandang atau pupuk pabrik. Penulis sendiri menggunakan pupuk dari  kotoran serta urin kelinci yang menggandung banyak nitrogen sebagai pemacu tumbuh daun. Penggunaan pupuk dengan tinggi unsur N akan merangsang tanaman untuk tumbuh banyak daun. Hal ini sesuai dengan tujuan menanam rumput odot untuk diambil produksi daunnya. Sebagai tambahan,rumput odot menyukai media tanam yang selalu terdapat kandungan air di dalamnya. Jadi jangan biarkan media tanamnya sampai kekeringan karena bisa mengakibatkan penurunan produksi daun rumput odot.

Cara Menanam dan Memperbanyak Rumput Odot Cara Menanam dan Memperbanyak Rumput Odot Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 14, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.