Cara Mudah Stek Bambu Kuning


Perbanyakan tanaman bambu bisa dilakukan dengan cara stek. Namun, ada beberapa cara lain untuk dapat perbanyak tanaman bambu kuning. Pertama, bisa dengan cara menanam dari bijinya. Kedua dengan cara menanam rhizoma dan yang ketiga perbanyakan dengan kultur jaringan.

Klasifikasi Bambu Kuning:

Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae 7
Kelas : Monocotyledoneae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Bambusa
Spesies : Bambusa vulgaris Schard



Masyarakat sudah mengetahui bahwa rebung bambu (Kuncup dari akar rimpang) bisa dikonsumsi, begitu juga dengan rebung bambu kuning yang bisa dijadikan sayuran. Untuk memanen rebung bisa dilakukan satu minggu setelah kuncupnya muncul dari dalam tanah. Kuncup atau buluh yang keluar dari tanah dapat tumbuh sangat cepat dan dalam 4 minggu akan mencapai tinggi sekitar 4m.

Bagi yang penasaran dengan cara perbanyakan tanaman bambu mengunakan metode stek batang dan ingin mencoba sendiri, hal itu tidak lah sesulit yang dibayangkan. Menurut pengalaman empiris penulis, stek batang bambu kuning bisa saja dilakukan hanya dengan mengambil canbang batang kecil (sebesar 5mm- 7mm cukup) yang muncul pada ruas setinggi 0- 1.5m. Pilih saja batang yang mudah dijangkau tangan. Memotong harus menggunakan pisau atau gunting yang tajam supaya tidak terjadi memar pada batang bambu yang akan di jadikan stek. Potong tepat di bawah ruasnya. Jadi, kita ambil minimal dua ruas, ruas bawah untuk ditanam sedangan ruas atas dipersiapkan untuk area tumbuhnya daun baru.



Tahap menanam. Rendam potongan bambu pada rooting hormon atau larutan fungisida. Penulis hanya menggunakan rebusan lidah buaya sebagai fungisida. Rendam potongan pada larutan tadi, bisa 3 jam, 8 jam atau disesuakan, lalu tanam sewaktu sore hari. Media tanam yang digunakan bisa beragam; kompos, cocopeat, tanah atau pasir atau campuran media, semua boleh asalkan media tanam yang digunakan steril dan sehat. Letakan stek pada green house atau bisa dengan sungkup plastik. Tujuan penyungkupan atau peletakan pada green house adalah untuk menjaga suhu hangat yang memacu pembentukan akar serta daun baru dapat tumbuh. Dalam kurun waktu 2-4 minggu daun baru serta akar akan mulai muncul. Jangan buru- buru memindahkan stek. Tunggu saja hingga akarnya mulai keluar dari polybag agar resiko kegagalan karna tak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dapat dihindari.
Cara Mudah Stek Bambu Kuning Cara Mudah Stek Bambu Kuning Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.