Pentingnya Melakukan Stek Saat Dormansi


Dormansi atau dalam bahasa inggris dormant adalah suatu keadaan ketika tanaman sedang dalam keadaan beristirahat. Pada tahap ini tanaman tidak menghasilkan daun baru pada pucuknya dan yang tersisa adalah daun- daun tua. Tanaman melakukan dormansi merupakan hal yang wajar.  Hal itu dilakukan sebagai sebuah respon terhadap kondisi yang sedang terjadi pada habitat hidupnya. Sebagai contoh, tanaman melakukan dormansi sebagai respon terhadap musim kemarau yang sedang terjadi.

Lebih jauh, kondisi dormansi pada tanaman juga menjadi kesempatan baik ketika ingin melakukan perbanyakan tanaman secara vegetatif.  Hal ini dikhususkan pada perbanyakan tanaman buah yang dilakukan dengan mengambil bagian dari tanaman yaitu pucuknya. Perbanyakan tanaman dengan metode stek pucuk merupakan hal yang sudah familiar untuk dilakukan baik untuk tujuan produksi massal ataupun sekedar di kalangan penghobi. Banyak hal positif atau menguntungkan dengan melakukan perbanyakan tanaman menggunakan metode stek pucuk. Meskipun caranya mudah untuk dilakukan, namun ada beberapa hal yang wajib diketahui guna mencapai hasil stek pucuk dengan tingkat keberhasilan di atas 90%.



Pentingnya Melakukan Stek Saat Dormansi. Stek pucuk yaitu mengambil bagian dari tanaman yang berada pada pucuk sebuah tanaman. Lebih lanjut, pucuk yang diambil bukanlah dengan cara random atau asal mengambil sembarang  pucuk. Kita hanya mengambil kondisi pucuk yang sedang dalam kondisi dormansi.  Untuk mengetahui  bentuk pucuk tanaman yang sedang dalam kondisi dorman cukup mudah. Kita hanya perlu memastikan bahwa pucuk tanaman sedang tidak tumbuh daun muda atau dengan kata lain keseluruhan daun pucuknya dalam kondisi tua. Dengan mengambil pucuk dorman, maka stek pucuk akan mudah tumbuh akar serta akan diikuti tumbuhnya daun muda sebagai proses lanjutan. Pucuk tanaman menyimpan banyak nutrisi serta zat pengatur tumbuh alami yang cukup untuk tanaman bertahan hidup sebelum nantinya mampu untuk tumbuh menjadi tanaman baru. Dengan memilih pucuk dormat sebagai stek pucuk tanaman buah, maka persentase keberhasilan akan semakin besar serta diikuti kecilnya tingkat kegagalan yang berada diluar jangkauan faktor teknis.
Pentingnya Melakukan Stek Saat Dormansi Pentingnya Melakukan Stek Saat Dormansi Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.