Buah Talok Ternyata Tinggi Kalsium


Buah kersen atau talok dengan nama ilmiah Muntingia calabura ini merupakan salah satu tanaman liar yang banyak dimanfaatkan sebagai pohon perindang. Bentuk dahannya yang menyirip membuat tanaman ini sangat potensial untuk jadi tanaman perindang yang juga sebagai penghasil buah.

Buah dengan ciri fisik bulat kecil serta berasa manis ketika sudah berwarna merah ini bisa saja mampir dan tumbuh di halaman rumah anda. Dengan batuan angin, burung atau satwa kecil lain pemakan buah, biji- biji talok juga ikut menyebar dan akhirnya tumbuh hampir dimana saja. Tanaman talok akan mampu hidup hampir disegala media dan area. Kita bisa menemui tanaman talok yang tumbuh pada rekahan tembok, puing- puing bebatuan hingga tepat di halaman rumah yang akhirnya dijadikan pohon perindang.



Taksonomi tanaman talok:
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Trachebionta
Superdivision : Spermatophyta
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Subclass : Dilleniidae
Order : Malvales
Family : Elaeocarpaceace
Genus : Muntingia L.
Species : Muntingia calabura L.

Masyarakat menikmati buah talok yang mungkin hanya iseng ingin mencoba atau hanya sekedar dijadikan cemilan tanpa tahu kandungan yang terdapat di dalam buahnya. Lebih lanjut, karena banyaknya tanaman talok yang tumbuh dan masyakat juga senang menikmati buah merahnya yang berasa manis maka setidaknya kita tahu bahwa buah yang satu ini baik untuk tubuh jika dikonsumsi.

Berikut Komposisi Kimia Buah Talok (per 100 g berat basah):
Air 77,8 g
Protein 0,384 g
Lemak 1,56 g
Karbohidrat 17,9 g
Serat 4,6 g
Abu 1,14 g
Kalsium 124,6 mg
Fosfor 84 mg
Besi 1,18 mg
Karoten 0,019 g
Tiamin 0,065 g
Riboflavin 0,037 g
Niasin 0,554 g
Vitamin C 80,5 mg
Total kalori 380 kJ
 (Sumber: Anonim, 2008b)

Dari data yang ada, komponen kalsium pada buah talok tercatat memiliki jumlah kandungan kalsium sebesar 125mg.
Buah Talok Ternyata Tinggi Kalsium Buah Talok Ternyata Tinggi Kalsium Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.