Stek Jambu Air Tanpa Perangsang Akar Cepat Tumbuh


Bagi pemula yang ingin mencoba melakukan stek bisa mencoba stek tanaman jambu air. Atau, bagi penghobi yang sering mengalami kegagalan pada proses stek tanaman buah, mungkin ada langkah yang kurang tepat dalam proses perlakuan stek. Mulai baca halaman ini dan cari tahu tahap yang terlewatkan.

Merupakan salah satu jenis tanaman buah yang mudah untuk diperbanyak dengan cara stek, stek tanaman buah jambu air bisa dilakukan dengan cara mengambil bagian tertentu dari tanaman tersebut. Stek dalam bidang biologi adalah sebuah metode perbanyakan secara vegetatif. Caranya  dilakukan dengan mengambil bagian tertentu dari tanaman induk (pucuk batang). Khusus untuk tanaman jambu air, stek dilakukan dengan mengambil bagian pucuk dari tanaman yang tentunya dalam kondisi sehat. Dengan mengambil bagian pucuk tanaman, maka tumbuhnya akar akan lebih cepat dan mudah serta mengurangi resiko stek gagal tumbuh.



Sebenarnya stek tanaman tidak membutuhkan bantuan produk perangsang akar. Tanaman sudah secara alami membekali dirinya untuk bertahan hidup. Hormon perangsang akar atau auxin sudah ada dalam tubuh tanaman dan porsi terbesar terdapat pada pucuk tanaman. Penggunaan olesan hormon perangsang akar sebenarnya hanya bantuan kecil ketika kandungan auxin dalam tubuh tanaman tidak mampu menyokong batang untuk menghasilkan akar. Oleh karena itu, kita harus tepat dalam memilih pucuk mana yang akan mampu dengan mudah menumbuhkan akar. Pucuk yang bagus sebagai bahan stek adalah pucuk yang sedang dalam masa dormant (tidak produksi daun muda sementara). Kondisi ini bisa dilihat dari warna daun yang tua atau bukan sedang tumbuh daun muda. Ambil sejumlah 3 ruas dan bukan sentimeter. Tepat dibawah ketiak daun, daerah itu akar akan tumbuh dengan mudah. 
Stek Jambu Air Tanpa Perangsang Akar Cepat Tumbuh Stek Jambu Air Tanpa Perangsang Akar Cepat Tumbuh Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 01, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.