5 Jenis Ayam Dengan Ukuran Besar



Beberapa dari kita mungkin pernah melihat jenis ayam dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dari ukuran rata-rata ayam. Ukuran tubuh ayam yang kecil diantaranya adalah jenis ayam kate, ayam serama dan lain-lain. Namun ketika menilik tentang ayam dengan ukuran besar, ternyata ada beberapa ayam yang tumbuh dengan normal secara genetik namun memiliki ukuran yang besar. Ayam berukuran besar tidak hanya pada jenis ayam pelung atau kalkun saja, berikut beberapa jenis ayam dengan ukuran besar berdasarkan keturunan;


1. Ayam Orpington

Berat rata- rata ayam ini mencapai 4.5 kg dengan tinggi berkisar 40.6cm. Asal Inggris.

Merupakan ayam hasil silangan yang dilakukan oleh William cook yang terdiri dari beberapa jenis ayam yaitu; ayam Dorking, Gold Spangled Hamburg serta Buff Cochin. Ide awalnya cuma satu yaitu untuk menghasilkan ayam dengan postur besar agar bisa dimanfatkan daging serta produksi telurnya.

2. Ayam Cornish Game

Berat 4.7 kg, tinggi 50.8cm , asal UK.

Termasuk jenis ayam yang pertumbuhannya cepat serta membutuhkan area yang cukup untuk mendukung gerak yang aktif. Karena pertumbuhannya yang tergolong cepat, ayam cornich banyak di manfaakan dagingnya. Untuk perbedaan suhu, ayam cornish mampu hidup hampir disemua jenis temperatur panas ataupun dingin.

3. Ayam Cochin

Berat 4.9 kg, tinggi 66cm, asal Vietnam dan China.

Ayam yang satu ini diupayakan dengan cara kawin silang agar mampu besandingan dengan ukuran ayam brahma. Memiliki bulu yang tergolong tebal seperti mantel, ayam cochin sangat cocok untuk hidup di daerah dengan cuaca dingin. Untuk bertelur, ayam yang tahan di cuaca winter akan banyak menghasilkan telur dibanding ayam lain yang memiliki kemiripan  ciri fisik.

4. Ayam Brahma

Berat 5.4 - 6.8 kg, tinggi 66cm, asal China.

Karena ukuran serta popularitasnya sepanjang sejarah, ayam brahma dikenal dengan sebutan "Raja ayam" atau "ayam keturunan Shanghai". Ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam malay dan ayam cochin untuk tujuan menghasilkan ayam dengan ukuran besar serta bulu yang tebal.
Pada 2017 video viral tentang seekor ayam berwarna putih dengan warna bulu hitam di leher serta ekor yang sedang turun dari kandang, membuat ayam brahma semakin populer hingga orang awam juga mengetahui. Ukuran tubuh ayam tadi termasuk sangat besar dan memang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran ayam yang sering kali kita lihat atau ketahui.

5. Ayam Jersey Giant

Berat 5.8- 6.8 kg, tinggi 66cm, asal New Jersey

Merupakan pure breed atau bukan termasuk jens ayam dari hasil persilangan, bahwa ayam jersey giant merupakan ayam terbesar di dunia. Meskipun beberapa ayam brahma juga mampu memiliki ukuran sebesar tubuh ayam jersey giant, namun apabila diambi rata-ratanya,  ayam jersy giant masih tetap lebih unggul dari sisi ukuran. Pada awalnya breeder bernama John serta Thomas Black bertujuan untuk menyediaan untuk pelangganya ayam dengan ukuran besar yang mampu disejajarkan dengan ukuran ayam kalkun.
5 Jenis Ayam Dengan Ukuran Besar 5 Jenis Ayam Dengan Ukuran Besar Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 11, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.