Basmi Kutu Putih Segera


Kutu putih atau kutu kebul atau dengan nama latin Bemasia Tabaci adalah salah satu bagian tak terpisahkan ketika berkenaan dengan pertanian di area bebas. Berbeda dengan kondisi tanam dalam green house atau area berpelindung sejenisnya, hama jenis apapun akan mudah hinggap dan menyerang tanaman yang kita tanam. Salah satunya adalah hama kutu putih atau Bemasia Tabaci.  Hama yang satu ini sangat senang untuk menempel dan berkembang biak pada tanaman dengan tingkat intensitas cahaya matahari yang rendah. Mereka biasanya menempel di batang tanaman, di bawah daun dan hampir di semua jenis tanaman mereka bisa  hidup dan berkembangbiak.

Kenapa harus pedulikan keberadaan kutu putih?



Kutu putih bukan merupakan hama yang sepele apalagi jika tidak segera ditindak dan jumlahnya sudah berkali lipat lebih banyak. Hama yang satu ini sangat senang hidup di batang daun serta pucuk tanaman yang tidak terkena panas matahari. Kutu putih menempel dan menghisap nutrisi tanaman untuk hidup. Jadi selama ada pasokan makanan, hama kutu putih akan selalu bersiklus hidup ditempat yang sama sampai nutrsi tanaman habis. Setelah tanaman tidak mampu lagi untuk hidup, lalu untuk mencukupi begitu banyaknya kutu putih yang sudah menyebar, hama kutu putih akan berpindah mencari tanaman lain sebagai sumber makanannya.

Cara membasmi kutu putih yang sudah terlanjur menyebar ke segala sisi tanaman dapat dilakukan dengan cara memangkas tanaman. Jadi kita langsung ambil tindakan sebagai upaya menyelamatkan sisa sisa tenaga yang dimiliki tanaman untuk bertahan hidup. Segera bakar atau kubur potongan hasil pangkasan tadi. Tujuannya agar kutu tidak beterbangan dan berpindah ke tanaman lain. Prunning total atu habiskan daunnya secara menyeluruh juga sah aja untuk dilakukan. Jika kutu putih masih bersisa pada bagian batang atau selip selip batang, kita bisa lakukan penyemprotan dengan menggunakan air biasa dengan penyemprot (semprotan burung). Semprot hingga kutu yang menempel hilang. Kita juga bisa menambahkan menyemprot batang dengan rebusan cabai setelah disemprot dengan air biasa tadi. Lakukan hal yang sama selama beberapa hari hingga tak ada kutu yang masih hidup atau hinggap lagi pada tanaman ataupun daun muda yang mulai muncul lagi.

Basmi Kutu Putih Segera Basmi Kutu Putih Segera Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 10, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.