Dekorasi Taman Lewat Seni Pangkas Tanaman



Seni pangkas tanaman untuk taman atau biasa disebut juga topiary akan tetap menjadi point utama dari sisi keindahan taman. Pemangkasan tanaman akan menghasilkan visual yang lebih indah apalagi ketika posisi taman masih menjadi focal point area depan rumah.  

Kita bisa memulai dengan membeli tanaman bonsai taman yang sudah jadi ataupun memulai dari awal dengan membeli bahan tanaman yang akan kita bentuk sendiri. Memilih tanaman yang sesuai untuk diletakan pada taman bukanlah hal yang sulit. Kita hanya memerlukan beberapa point utama yang wajib dijadikan pertimbangan, antara lain;
1.       Jenis Tanaman
Jenis tanaman yang kita pilih akan berkenaan dengan faktor maintenance; kesesuaian jenis terhadap ketersediaan sinar matahari, pemupukan, pola rontok daun setiap harinya serta jangka waktu pemangkasan.
2.       Ukuran Tanaman
Mengenai ukuran, sebaiknya tanaman yang dipilih tidak dalam ukuran yang terlalu besar atau dengan kata lain mendominasi lahan taman. Kita perlu juga memperhatikan area shade (area teduh) yang nantinya akan mengganggu pertumbuhan rumput hias yang kita tanam di area itu.

Beberapa hal tadi akan sangat membantu ketika kita kesulitan dalam menentukan tanaman apa dan seperti apa yang nantinya akan cocok menjadi bagian dari taman.
Berikut beberapa inspirasi pangkas tanaman yang dapat kita terapkan untuk tanaman di taman yang kita miliki:

Sebagai pagar pembatas, kita bisa menempatkan pagar keliling taman menggunakan tanaman. ukuran serta bentuk tentunya menyesuaikan luas area yang kita miliki.  Bentuk ini biasa dikenal dengan box-hedge topiary.





Selain untuk dijadikan sebagai pagar pembatas dengan bergaris tegas, kita juga bisa  membuat topiary ata memangkas dengan berbagai macam bentuk. Bentuk topiary bisa disesuaikan dengan jenis tanaman, ukura serta tema taman yang akan dipilih. Bisa berupa bentuk box, bulat, spiral, oval, tabung dan masih banyak lagi bentuk lain yang bisa kita pilih sebagai focal point pada area taman.




Topiary atau seni memangkas tanaman merupakan hal yang sudah lama sekal dilakukan kurang lebih kegiatan seni taman ini sudah dilakukan sejak jaman Julius Caesar. Samai sekarang masih banyak dipilih sebagai bagian yang mengikuti tema serta gaya rumah. Entah bergaya european hingga minimalis, perlakuan tanaman taman dengan topiary masih tetap menarik untuk diaplikasikan.


Dekorasi Taman Lewat Seni Pangkas Tanaman Dekorasi Taman Lewat Seni Pangkas Tanaman Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.