Penyebab Bagian Dalam Buah Tomat Berwarrna Hitam



Bagi pecinta tanaman sayuran terutama yang hobi untuk menanam tomat di halaman rumah, tentu melihat tanaman- tanaman tomat tumbun subur dan mencapai masanya berbuah merupakan tahapan yang sangat menyenangkan. Hal itu menjadi salah satu indikator bahwa kita telah berhasil menanam tomat secara ,andiri dan nantinya akan kita panen dan kita konsumsi. Mungkin setiap hari bakal ada satu genggam tomat tomat merah yang siap untuk kita petik dan konsumsi.

 Dengan pemberian pupuk organik ataupun pupuk alami sebagai pilihan, tentunya akan mendukung pertumbuhan tanaman serta produksi buah yang maksimal saat masanya tiba. Untuk menjaga kesehatan daun juga bisa dilakukan pencegahan dengan cara mudah yaitu dengan cara menggurangi jumlah daun pada bagian bawah agar energi yang dikelurkan bisa disubstitusi menjadi hasil produksi buah. Penyemprotan air bersih pada bagian bawah daun juga perlu dilakukan agar kondisi daun tidak akan berpotensi sebagai tempat hama kutu putih untuk hinggap dan mulai berkembangbiak.

Namun jika hal ini itu telah dilakukan dan ada terdapat permasalaha yang muncul, sebagai contoh masalah bagian dalam buah tomat berwarna hitam ketika dibuka. Hal itu terjadi juga pada penulis yang juga menanam sendiri tanaman tomat di halaman rumah. Pupuk yang gunakan murni dari kotoran kelinci serta air seni kelinci mentah sebagai tambahan nitrogen serta sebagai pengusir hama dalam tanah.

Permasalahan terjadi ketika pertama kali buah tomat mulai matang dan dipetik, ternyata pada bagian dalam buah tomat terdapat biji yang menghitam. Kejadian itu terjadi pula ketika memanen buah tomat matang yang ke dua dan ketiga. Ada masalah yang sama terjadi. Lalu, sesegera mungkin penulis mulai ngulik google dan mencari penyebab dari bagian dalam buah tomat berwarna hitam.


Dikatakan bahwa penyebab bagian dalam buah tomat berwarna hitam atau “black heart”, hal itu bukanlah termasuk akibat dari serangan parasit. Hal itu disebabkan oleh kondisi tanah yang kering atau juga disebabkan oleh tanah berada dalam kondisi yang buruk. Kondisi tanah yang buruk dengan akibat bagian dalam buah tomat berwarna hitam bisa disebabkan oleh kurangnya atau buruknya kandungan kalsium mineral dalam tanah. Kondisi itu tidak akan meular dari satu buah ke buah yang lainya, namun pengendalian kondisi serta kualitas buah selanjutnya tetap harus diperjuangkan.

Lebih lanjut, beberapa sumber mengatakan bahwa, jika memang kondisi tanah seringkali kekurangan air maka managemen penyiraman harus dilakukan. Akan tetapi, jika kondisi tanah sudah cukup dengan asupan air maka kondisi rendah kalsium mineral dalam tanah perlu diperbaiki. Sumber kalsium mineral bisa didapat dari gypsum, limestone serta cangkang telur. Atau dengan produk pabrikan dolomit.

Penyebab Bagian Dalam Buah Tomat Berwarrna Hitam Penyebab Bagian Dalam Buah Tomat Berwarrna Hitam Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.