5 Jenis Cabai Populer Terpedas


Bagi penikmat rasa pedas dan tidak pernah memiliki masalah dengan kondisi perut, mengkonsumsi makanan atau masakan dengan di dalamnya terdapat rasa pedas atau bahkan sangat pedas mungkin terdapat kepuasan tersendiri.

Di Indonesia, cabai pedas yang sangat familiar untuk dikonsumsi adalah jenis cabai rawit. Cabai rawit yang biasa kita temui di pasar traditional tentunya sudah tergolong pedas jika dikonsumsi atau terasa panas ketika terkena tangan. Mulai dari cabai rawit yang berwarna oranye ataupun cabe rawit hijau yang biasa digunakan sebagai teman santap gorengan, semuanya akan meninggalkan rasa pedas dilidah sampai ke lambung.



Namun masih banyak jenis cabai populer lain yang secara kandungan capsaicin di dalamnya tergolong tinggi. Capsaicin adalah senyawa penghasil rasa pedas yang secara alami terdapat di dalam cabai termasuk pada paprika.



Berikut beberapa nama cabai pedas yang perlu kita ketahui:


  1. Jalapeno 3000- 5000+ SHU
  2. Thai Chili 20.000- 100.000 SHU
  3. Habanero 100.000- 350 SHU
  4. Ghost Pepper 600.000- 1000.000 SHU
  5. Carolina Reaper 1.642.000- 2.500.000 SHU


Jalapeno


Dikenal lewat berbagai masakan ala Meksiko,cabai ini disajikan dalam rupa olahan sambal jalapeno sebagai ingredientnya. Ciri dari cabai jalapeno adalah menyerupai cabai besar hijau, dengan ukuran yang jauh lebih besar dan tidak keriting.


Thai Chili


Cabai Thailand ini sangat mirip dengan cabai rawit yang biasa kita jumpai di tanah Indonesia. Pada kenyataannya, thai chili atau yang dalam bahasa inggris dikenal sebagai bird’s eye chili memang menyebar di negara- negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, India, Filipina juga di Indonesia. Itulah cabai rawit yang kita nikmati selama ini dengan ukuran kecil yang tingkat pedasnya mencapai 100.000 SHU.


Habanero


Salah satu jenis cabai yang cukup familiar di Indonesia. Ketika masih muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi oranye dan merah saat sudah matang. Terdapat pula bermacam variant warna lain dari jenis cabai habanero, seperti; putih, coklat, kuning dan ungu. Cabai habaero termasuk popular menjadi bagian dari ingredient masakan karena aroma dan rasanya yang unik.


Ghost Pepper


Merupakan cabai hibrida asal India yang juga masuk dalam lembar Guinness World Records sebagai cabai terpedas. Secara fisik, ukuran cabai ini berkisar 25 -33 mm dengan panjnag 60- 85 mm dengan warna merah, kuning, oranye dan coklat.


Carolina Reaper


Dibudidayakan oleh breeder asal Carolina selatan dengan warna merah serta permukaan cabai yang kasar atau tidak semulus cabai lainnya. Permukaan kasar itu mungkin menjadi salah satu bentuk fisik yang sangat mudah dikenali ketika bertemu dengan Carolina pepper yang juga memiliki semacam ekor kecil pada bagian ujungnya.

Dari beberapa jenis cabai yang disebutkan, Carolina Reaper masih mendapat predikat cabai terpedas di dunia.

5 Jenis Cabai Populer Terpedas 5 Jenis Cabai Populer Terpedas Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.