Mencangkok Mulberry Satu Bulan Jadi


Metode cangkok menjadi salah satu metode vegetatif yang banyak dipilih untuk proses budidaya tanaman  buah. Prosesnya bisa berkisar antara satu sampai tiga bulan hingga masa memanen tanaman cangkok tiba.

Sebagai contoh, metode vegetatif dengan cara mencangkok juga bisa diaplikasikan pada tanaman mulberry  atau dikenal juga dengan tanaman murbei dan atau tanaman dengan nama ilmiah Morus nigra mulberry ini. Teknisnya tetap sama seperti mencangkok tanaman buah pada umumnya yaitu dengan cara menyayat kulit batang sepanjang 2-3 cm lalu bersihkan pula sisa kambium yang masih melakat pada batang mulberry. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan menutup hasil sayatan dengan tanah basah lalu bungkus dengan plastik. Tidak perlu aturan khusus dalam melakukan cangkok mulberry, karena pada dasarnya tanaman mulberry termasuk yang sangat mudah untuk bahan cangkok.


Tidak lama, sekitar satu minggu kita sudah mulai bisa melihat akar- akar muda bermunculan. Maka, setelah plastik dipenuhi dengan akar, kita bisa potong dan pindahkan pada media tanam baru agar tanaman cangkok bisa tumbuh dengan maksimal.


Baca juga artikel lain tentang mulberry:

Ciri dan Cara Merawat Tanaman Mulberry
Supaya Tanaman Mulberry Rajin Berbuah
Tips Trick Stek Mulberry tanpa ZPT



Gunakan pupuk dengan nilai NPK yang tinggi agar pertumbuhannya terpacu dan membentuk postur tanaman yang bagus dan kokoh. Penggunaan pupuk kompos atau pupuk kandang juga baik untuk pertumbuhan tanaman yang baru saja turun dari cangkok.

Sebagai tambahan, selain untuk tujuan melipat gandakan jumlah tanaman, mencangkok tanaman murbei atau mulberry ini bertujuan agar tanaman induknya mampu kembali menghasilkan buah. Sesimple itu memang cara memberikan rangsangan agar tanaman murbei kembali berbuah. Tentunya harus didukung dengan ketersediaan pupuk pada media tanamnnya.  Tanpa asupan nutrisi yang baik, maka produksi buah murbei tidak akan maksimal atau cenderung menghasilkan buah yang berukuran kecil.

Mencangkok Mulberry Satu Bulan Jadi Mencangkok Mulberry Satu Bulan Jadi Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.