Membedakan Anakan Jantan dan Betina Ayam Kampung



Untuk membedakan jantan dan betina ayam kampung sebenarnya bisa dilakukan sejak anak ayam berumur nol atau baru saja menetas. Dengan cara melihat kondisi bulu jarum anak ayam, kita bisa mulai memprediksi  jenis kelaminnya.


Mencoba untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam sejak dini merupakan soft skill yang wajib diketahui. Hal itu akan sangat berguna ketika kita akan membeli anak ayam di pasar atau tempat lain. Faktanya tidak semua penjual hewan di pasar mengerti secara detail apa ng mereka jual. Salah satunya mengetahui jenis kelamin anak ayam ang kemungkinan masih berumur 0 hingga dua minggu.





Berikut beberapa faktor untuk membedakan jenis kelamin anak ayam kampung:

1. Periksa bulu jarum pada sayap anak ayam yang baru menetas. Jika terdapat bulu jarum maka kemungkinan besar berjenis kelamin betina.

2.Pada anak ayam umur seminggu hingga satu bulan. Ekor anak ayam berjenis kelamin jantan akan lebih pendek (bahkan belum muncul) jika dibandingkan dengan yang betina.

3.Kemudian, kondisi pial atau jengger anak ayam berumur satu bulan terlihat berbeda antara yang jantan dan betina. Untuk yang jantan, maka bentuk pial akan lebih menonjol serta berwarna sedikit merah.

4.Semakin berajak lepas dari umur satu bulan, maka kondisi fisik serta bulu anak ayam kampung akan semakin berbeda. Pada point 2 dan 3 akan semakin terlihat perbedaan antara keduannya.

5.Pada sayap bagian atas, anakan ayam kampung jantan akan terlihat kulitnya, namun jika itu betina akan tertutupi oleh bulu.

Beberapa faktor dia atas tidak bisa jadi patokan penuh tentang menentukan jenis kelamin anak ayam kampung. Namun jika sering kali mengamati, maka kita akan semakin mudah membedakan jenis kelamin ayam, sekalipun diumur ayam yang masih sangat kecil.

Membedakan Anakan Jantan dan Betina Ayam Kampung Membedakan Anakan Jantan dan Betina Ayam Kampung Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.