Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo Lebih Mudah


Tanaman yang dipercaya mampu menghalau dan menyembuhkan stroke ini masih sangat populer untuk mengisi ruang indoor. Mereka sengaja dihadirkan untuk tujuan sebagai point of interest suatu ruangan.

Di sisi lain, pedagang tanaman juga menyambut baik demand itu dengan menyediakan stok tanaman Ficus Elastica Karet Kebo dengan berbagai ukuran dan juga harga yang bervariasi. Mulai dari ukuran tanaman kecil untuk kebutuhan mengisi sisi permukaan meja kerja, sebagai pengisi sudut area ruangan pun tersedia.



Menanam Ficus Elastica Karet Kebo dengan cara stek memang tidak mudah. Hal itu pula yang mungkin manjadi alasan kenapa harga tanaman Ficus Elastica Karet Kebo menjadi relatif tinggi.

Namun jika ingin mencoba atau mengulik cara stek Ficus Elastica Karet Kebo, maka hal termudah untuk dilakukan adalah dengan mengambil bagian pucuk Ficus Elastica Karet Kebo. Kenapa harus memilih stek pada bagian pucuk? Jawabannya adalah karena pada bagian pucuk, hormon auksin tanaman masih sangat tinggi. Hormon itu sebagai cadangan sementara sebelum nantinya tanaman stek bisa hidup  dan mencari makan lewat akar yang tumbuh.

Lebih lanjut, tidak semua pucuk bisa digunakan sebagai bahan Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo. Kita harus memilih dan mengambil jenis pucuk yang sedang dalam kondisi dormansi. Ciri- cirinya ialah kondisi pucuk daun yang tidak terdapat atau tidak sedang muncul daun muda. Memang akan susah menemukan kondisi pucuk yang seperti itu. Namun jika memang tidak ditemukan, kita bisa ambil pucuk tanaman karet kebo dengan ujung berbentuk runcing atau daunnya belum mekar.

Untuk proses menanam, berikut tahap-tahap yang perlu dilakukan:



  • Potong batang pucuk dengan pisau tajam, rapikan potongan (kalo bisa sekali potong jadi) dengan cara dipotong miring sekita 45 derajat
  • Kurangi daunnya hingga bersisa hanya 3 helai saja atau potong setengah untuk mengurangi aktifitas penguapan pada stek
  • Cuci bersih getah yang keluar dari luka bekas potongan. Bisa gunakan air sabun cuci piring lalu bilas kembali dengan air bersih




  • Rendam pucuk tadi pada larutan ZPT (zat pengatur tumbuh) atau juga dengan larutan anti jamur. Bisa didapat di toko pertanian. Jika ingin yang tradisional bisa gunakan rebusan air lidah buaya atau juga bisa olesi dengan liur tanaman lidah buaya yang masih fresh.
  • Persiapkan media tanam, gunakan tanah biasa tanpa pupuk apapun atau bisa menggunakan pasir sungai . Basahi media tanam hingga merata. 
  • Setelah kurang lebih 15- 1 jam (relatif) menunggu rendaman batang dalam larutan, maka stek siap untuk ditancapkan. Buat lubang sebesar ukuran batang lalu tancapkan. Jangan biarkan stek batang mudah goyang supaya proses tumbuh akar berjalan lancar.
  • Gunakan sungkup untuk menjaga kondisi suhu udara tetap hangat. Kita juga bisa gunakan green house plastik sebagai tempat untuk meletakan stek. Lakukan kedua metode Stek Menggunakan Sungkup atau Green House untuk mengetahui perbedaan dan manfaat keduanya. 
  • Jika kondisi suhu dalam sungkup ataupun green house stabil, maka dalam kurun waktu satu bulan Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo sudah muncul akar. Lalu dalam waktu 2 bulan bisa lepas sungkup atau dikeluarkan dari green house untuk juga dilakukan pemupukan dan replanting ke polybag yang lebih besar. Pada tahap ini, sebaiknya hindarkan tanaman dari sinar matahari langsung agar tanaman tidak stres atau layu. 
Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo Lebih Mudah Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo Lebih Mudah Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.