Fungsi Pakan Ayam Fermentasi


Memilih pakan sebaiknya menyesuaikan berbagai faktor. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan diantaranya, ketersediaan bahan pakan, harga, mutu nutrisi serta fungsi untuk lingkungan. 

Pemberian pakan untuk jenis ayam apapun pasti akan mempertimbangkan beberapa faktor di atas. Meski terdapat perbedaan cara pemilihan pakan pada masing pemilik ayam, variasi semacam itu menjadi hal yang biasa terjadi.


Selain memilih varian pakan utama untuk ayam, pakan alternatif pun layak untuk diadakan guna memaksimalkan pertumbuhan serta produksi telur ayam. Pakan alternatif atau pakan tambahan bisa  terdiri dari hijauan ataupun protein alami lain yang bertujuan untuk memanfaatkan potensi yang ada disekitar. 

Kemudian, selain mengadakan pakan alternatif, pakan olahan biokimia atau familiar disebut pakan fermentasi juga baik untuk menjadi pilihan. Apalagi disaat musim penghujan seperti ini dengan kondisi lingkungan kandang yang cenderung lebih lembab dan basah. 

Kondisi hujan serta pengolahan kotoran ayam yang buruk akan berdampak buruk juga bagi kondisi kesehatan ayam. Selain itu, dampak aroma kotoran ayam bercampur dengan cuaca hujan juga akan menimbulkan polusi udara dikarenakan aroma tidak sedap yang akan mengganggu lingkungan. 

Pengendalian aroma tidak sedap bisa dengan berbagai macam cara. Salah satu cara mudah untuk mengendalikan aroma kurang sedap dikandang ayam ataupun di lingkungan sekitarnya seperti yang seringkali terjadi pada ternak ayam dengan sistem semi-intensif, maka penggunaan pakan fermentasi bisa menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan. 

Beternak ayam secara umbaran, semi-intensif ataupun statik dalam kandang, akan cocok menggunakan pakan fermentasi. Pakan ayam yang telah melalui proses fermentasi adalah jenis pakan yang diolah oleh bakteri baik.

Kemudian, ketika dikonsumsi oleh ayam, maka kotoran yang dihasilkan akan beraroma lebih ramah terhadap lingkungan juga untuk hidung manusia.

Pengolah kotoran ayam supaya tidak bau tentu saja bukan hanya berasal dari pakan fermentasi saja. Tersedia juga produk dalam kemasan yang berguna untuk membuat kotoran ayam tidak bau hingga yang aman jika dikonsumsi langsung oleh ikan.

Namun, ketika kita ingin membuat pakan fermentasi sendiri dengan komposisi alami yang kita ketahui, maka hal itu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.


Fungsi Pakan Ayam Fermentasi Fungsi Pakan Ayam Fermentasi Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on December 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.