Stek Sirih Anti Gagal


Menjadi salah satu tanaman dengan berbagai fungsi, tanaman sirih atau dengan nama ilmiah Piper betle bakal menjadi salah satu tanaman yang cocok ditempatkan pada area hunian.

Menyirih dijaman dahulu menjadi bagian gaya hidup yang alasannya untuk menjaga kesehatan gigi. Dimasa sekarang daun sirih digunakan untuk beragam manfaat salah satunya sebagai tanaman herbal.


Menanam sirih bisa diawali dengan cara stek. Hal itu juga yang dilakukan oleh para pembudidaya tanaman sirih yaitu melakukan metode vegetatif sebagai cara termudah dalam membudidayakan tanaman sirih.

Banyak informasi yang diedarkan secara mulut ke mulut, bahwa melakukan stek sirih hijau bakal lebih mudah dibanding melakukan stek pada sirih merah. Informasi itu mungkin juga pernah kita dapatkan ketika ingin melakukan stek tanaman sirih merah.

Melakukan stek sirih hijau ataupun sirih merah sebenarnya sama saja. Yang terpenting adalah proses memilih batang untuk digunakan sebagai batang stek.

Batang sirih yang akan digunakan sebagai stek sebaiknya dipilih pada bagian pucuknya. Tidak perlu memilih pucuk dengan calon akar yang sudah bermunculan. Namun pastikan bahwa minimal setiap potongan stek sirih terdapat minimal 3 ruas.

Potong tepat dibawah ruas ketiga atau beri jarak 1 cm setelah ruas. Bagian bawah ruas menjadi tempat dimana akar akan tumbuh. Oleh karena itu, jika teknik pemilihan batang stek yang digunakan sudah sesuai, maka persentase keberhasilan proses tumbuhnya stek juga akan besar.

Sebagai tambahan, pemilihan pucuk yang sedang dalam kondisi dormant juga perlu dilakukan. Namun, jika susah mendapatkan kondisi pucuk dormant, maka perlakuan pengurangan jumlah daun bisa menjadi pilihan.

Pemilihan pucuk dormant serta pengurangan jumlah daun juga perlu didukung dengan meletakan batang stek yang telah ditanam pada green house. Dengan meletakan stek sirih dalam green house, maka suhu hangat yang stabil serta konstan akan membantu tanaman stek melewati masa stress hingga nantinya tumbih menjadi tanaman baru yang bisa hidup dari akar yang telah tumbuh.
Stek Sirih Anti Gagal Stek Sirih Anti Gagal Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on December 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.