Cara Perbanyakan Tanaman Gantung Lipstik


Tanaman lipstik atau dengan nama latin Aeschynanthus radicans menjadi salah satu inspirasi dari jenis tanaman hias gantung untuk dipilih. Tanaman ini memiliki warna dan hijau pekat dengan warna bunganya merah pekat juga.


Sebagai tanaman indoor, tanaman lipstik tetap membutuhkan kehadiran cahaya matahari. Meski tetap bisa diletakan dalam ruangan, meletakannya di area yang terjangkau matahari untuk sepekan sekali akan berguna bagi tanaman ini.

Tidak perlu meletakan di area yang terkena matahari langsung atau direct sun. Namun, kelembaban pada media tanam juga wajib diperhatikan. Media yang terlalu basah, sebagai contoh media sekam mentah dan cocopeat akan menyimpan terlalu banyak air yang akan mengakibatkan perakaran akan gagal bernafas.

Akibat dari buruknya kondisi media tanam, maka akar tanaman akan dengan mudah membusuk. Ditandai dengan batangnya yang akan berubah warna kecoklatan dengan bintil-bintil putih yang juga mulai bermunculan.

Perawatan

Tanaman lipstik gantung sebenarnya tidak membutuhkan perawatan yang ekstra merepotkan. Hanya saja, kebutuhan detail terdahap tanaman ini perlu dilakukan. Sebagai contoh, pemilihan media yang sesuai, intensitas cahaya matahari serta penyiraman.

Media yang sesuai adalah campuran antara pupuk dengan unsur N sebagai penghasil daun, pasir sebagai media tanaman yang sifatnya tidak menyerap air dan media tanam tambahan berupa sekam akar yang aman dan jauh dari potensi berjamur.

Intensitas matahari sebaiknya tetap diberikan secara cukup. Tak perlu terlalu banyak dan tak baik pula jika dibiarkan terlalu lama tanpa asupan matahari.

Sedangkan tentang penyiraman, tanaman lipstik gantung tidak butuh disiram terlalu sering. Daunya yang cenderug tebal akan memiliki kemampuan sebagai penyimpan cadangan air. Selain itu, penyiraman yang terlalu sering akan berdampak buruk bagi kondisi media tanamnya. Media tanam dengan kondisi terlalu lembab berimbas pada buruknya sistem perakaran.

Pemangkasan

Tahap pemangkasan bisa dilakukan ketika batang yang menggantung sudah tumbuh terlalu panjang. Pemangkasan bisa dilakukan dengan hanya memilih batang yang terlalu panjang dan tak bercabang. Dengan melakukan pemangkasan, nantinya cabang-cabang baru juga akan menambah kerapatan antar batang. Selain itu, melakukan pemangkasan juga berpotensi untuk munculnya bunga pada tanaman lipstik.

Perbanyakan

Melakukan budidaya atau memperbanyakan tanaman lipstik gantung bisa dilakukan dengan cara stek. Tidak sulit untuk melakukan stek tanaman lipstik gantung, seorang awam pun bisa dengan mudah melakukannya.

Dengan cara memanfaatkan batang hasil pemangkasan, kita bisa manfaatkan untuk bahan stek batang. Kita bisa potong tepat dibawah tumbuhnya daun dan kurangi daun yang berada dibagian bawah agar mudah saat menancapkan pada tanah. Media pasir adalah yang paling mudah dipilih sebagai media stek tanaman.

Kita tidak perlu memberi sungkup pada stek tanaman lipstik. Cukup dengan meletakan tanaman stek pada area ternaungi agar suhu hagat juga tetap ada. Meletakan pada area yang terlalu lembab justru akan membuat batang tanaman menjadi busuk atau batang berubah kecoklatan.

Stek yang berhasil akan ditandai dengan munculnya tunas-tunas baru di sela-sela daunnya. Waktu yang dibutuhkan hingga akhirnya tunas-tunas baru muncul akan berbeda-beda. Ada yang cepat hanya dalam waktu 1 minggu hingga satu bulan lamanya.
Cara Perbanyakan Tanaman Gantung Lipstik Cara Perbanyakan Tanaman Gantung Lipstik Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on January 22, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.