Memilih Batang untuk Stek Mulberry


Tanaman arbei atau disebut juga murbei atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan mulberry termasuk dalam family tanaman Moraceae. Tanaman ini memilki beberapa spesies atau jenis, dua diantaranya yang paling populer secara bentuk ialah murbei lokal yang berbentuk kecil dan mulberry panjang.

Pada bidang peternakan, daun mulberry merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai ransum hijauan untuk pakan ternak. Ternak ayam, kelinci, dan hewan ruminansia bisa diberi hijauan daun mulberry/ arbei/ murbei sebagai pakan tambahan.


Berwarna merah gelap saat mudah matang, rasa mulberry manis segar dengan adanya rasa asam yang kadang tersisa ketika memakan buah yang belum matang sempurna. Ketika dipanen dalam jumlah banyak, kita bisa gunakan bahan dasar buah mulberry sebagai jus atau jenis minuman lain.

Tanaman mulberry menjadi salah satu tanaman tabulampot atau cocok menjadi pilihan tanaman untuk teras depan karena tanaman ini akan terus berbuah tanpa mengenal musim. Ketika nutrisi dalam tanah terus tercukupi maka secara otomatis produksi buah tanaman mulberry akan terus ada.

Habitat Hidup

Sebagai bagian dari tanaman buah, maka area dengan matahari full akan sesuai. Dengan meletakan tanaman ini pada naungan, maka produksi buahnya akan jauh berkurang. Selain itu, pada kondisi ternaungi, potensi batang dan daun tanaman mendapat serangan dari hama kutu putih juga semakin tinggi.

Pola Perawatan Sederhana

Tanaman ini mudah dirawat, apalagi ketika langsung ditanam di dalam tanah. Perkembangan yang cepat disertai dengan perlakuan pemangkasan cabang akan mendukung tanaman mulberry mendapatkan postur batang utama yang baik.

Proses pemangkasan dilakukan tidak hanya untuk tujuan mendapatkan batang utama yang kokoh, akan tetapi juga bertujuan agar tanaman ini bisa menghasilkan buah yang lebat. Jadi ketika semua telah dilakukan, yaitu tentang pemenuhan nutrisi di dalam media tanamannya, maka perlakuan pemangkasan bisa menjadi salah satu jalan agar tanaman mulberry dewasa bisa mulai (rajin) berbuah.

Budidaya

Pembudidayaan tanaman mulberry mudah dilakukan dengan cara stek batang. Dicirikan dengan kulit batang yang berbentuk bentol-bentol sebagai indikator tersedianya calon akar untuk tanaman.

Memperbanyak atau membudiyakan tanaman mulberry memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berbekal pengetahuan dasar tentang pengendalian hama dan pemilihan batang, maka stek batang mulberry bisa dengan mudah kita lakukan.

Berikut tahap demi tahap melakukan budidaya tanaman mulberry dengan cara stek batang:

Tahap Pemilihan Batang

Batang yang digunakan saat melakukan stek ialah batang yang sudah cukup besar atau memiliki diameter 1.5cm. Batang dengan ukuran lebih kecil tetap bisa dilakukan hanya saja memerlukan perlakuan khusus seperti contohnya dimasukan dalam ruang green house atau perlakuan sungkup plastik.

Jadi ketika ingin mengurangi resiko atau mempermudah kita dalam melakukan stek batang mulberry maka ukuran diameter harus diperhatikan. Selain itu, panjang batang yang dipersiapkan juga perlu diperhatikan. Berukuran 20cm hingga 30 cm adalah panjang batang yang sesuai untuk bahan stek batang.

Sebagai tambahan, untuk mengurangi potensi kerusakan pada busa bagian dalam batang, maka saat melakukan pemotongan batang sebaiknya menggunakan pisau yang tajam. Tujuannya ialah agar tidak terjadi memar pada batang yang mengakibatkan terjadinya kegagalan healing proses pada batang stek yang akan ditanam.

Sterilisasi Batang

Setelah melakukan pemilihan batang, tahap perendaman batang pada larutan fungisida juga perlu dilakukan. Selain itu, jika menginginkan penggunaan rooting hormon, hal itu juga bisa ditambahkan.

Sebagai fungisida alami, gunakan larutan yang berasal dari daun aloevera. Bisa dengan cara rebus cincangan daunya dan gunkan sebagai media perendaman batang saat airnya sudah dingin.

Sterilisasi Media Tanam

Proses pemilihan media sebaiknya digunakan yang bukan berasal dari sampah sisa pembakaran. Dari sana akan banyak kita jumpai serangga entah apa jenisnya yang juga berpotensi untuk menyerang batang stek yang  akan kita tanam.

Penanaman stek batang dengan pot ataupun di dalam tanah secara langsung tetap membutuhkan media tanam yang bebas dari penyakit. Ketika kesulitan memilih media tanam yang steril, maka penggunaan pasir sungai bisa menjadi rujukan. Gunakan full pasir sungai sebagai media tanam, dengan cara membasahi seluruh bagian pasir, maka akan memudahkan serta mempercepat proses penancapan batang. Selain itu, dengan cara membasahi pasir hingga kondisinya sangat basah, maka potensi busa bagian dalam batang menjadi terluka tidak akan ada.

Tahap Penanaman

Tahap penanaman batang stek pada media tanam bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu dengan menancapkan secara vertikal atau meletakan batang dengan cara horizontal. Kedua cara tadi sama saja. Namun ketika ingin menanam langsung di dalam tanah, maka meletakan dan menimbun batang secara horizontal akan lebih mudah untuk dilakukan.

Tujuan penanaman batang stek secara horizontal adalah agar kita mendapatkan batang apomiksis (batang tumbuh horizontal) yang memiliki kualitas terbaik, yaitu paling cepat tumbuh dan paling subur diantara batang-batang lainnya. Pilih salah satu batang saja dan buang batang sisanya yang berukuran lebih kecil.

Sebagai penutup, bukan hanya daunnya yang bisa dimanfaatkan, buah dari tanaman mulberry juga mengandung banyak kegunaan. Beberapa diantaranya adalah air, protein, lemak dan karbohidrat dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.
Memilih Batang untuk Stek Mulberry Memilih Batang untuk Stek Mulberry Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on January 21, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.