Agar Kelinci Mau Makan Azolla


Secara umum kelinci adalah hewan pemakan rumput yang tidak masuk dalam golongan ruminansia. Sistem pencernaan yang dimiliki kelinci lebih sederhana seperti marmut dan kuda.

Dijaman sekarang pakan kelinci sudah semakin mudah didapat yaitu dalam bentuk pelet. Jadi, kit tidak perlu repot lagi untuk “ngarit” atau mencari rumput hijau hanya demi memberikan kelinci makanan harian.

Pakan yang terbuat dari pelet juga sudah berisi nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan kelinci untuk proses tumbuh, pembentukan postur, daging serta menghasilkan keturunan. Namun ada efek samping atas pemberian pelet yang terjadi secara terus menerus yaitu tentang fungsi alami dari gigi kelinci sendiri.


Tercipta sebagai hewan pengerat, maka gigi kelinci sangat rawan akan terjadinya kelainan ketika fungainya dihilangkan atau digeser. Fungsi gigi kelinci yang berguna untuk mengunyah rerumputan akan menjadi terganggu ketika setiap hari hanya digunakan untuk mengunyak pelet yang secara  gerak tidak akan sedinamis saat gigi kelinci digunakan untuk mengunyah hijauan rumput.

Oleh karena itu pemberian pakan hijauan harus tetap di berikan dengan tujuan menghindarkan masalah kesehatan gigi si kelinci. Meski jumlah kotoran yang akan dikeluarkan akan berjumlah lebih banyak ketika mengkonsumsi hijauan, namun produksi kotoran kelinci akan sangat bermanfaat sebagai pupuk tanaman,terutama tanaman sayur.

Kembali tentang judul artike ini, yaitu tentang Agar Kelinci Mau Makan Azolla, hal itu mungkin saja pernah dialami oleh para penghobi atau peternak kelinci ketika pertama kali memberikan jenis pakan azolla. Tentang hubungnnya meniadakan pakan jenis hijauan untuk kelinci, maka itu bisa juga menjadi faktor penyebab kelinci enggan untuk memakan azolla.

Sedikit informasi mengenai gizi azolla untuk pakan kelinci;

Sangat kaya akan proteion, amino esensial, vitamin (A, B12, Beta karoten), promoter tumbuh alami, mineral (kalsium, fosfor, potasium, magnesium , dll). Dalam kondisi kering, protein azolla berada dikisaran 25-35%, termasuk lebih tinggi dari prtein yag berasal dari pakan komersial, 10-15% mineral, 7-10% kombinasi asam amino dan bioaktif.  (sumber: organic rabbitry)

Agar Kelinci Mau Makan Azolla

Berbagai faktor penyebab kelinci belum mau memakan azolla pasti akan berbeda dari satu tempat dengan tempat pemeliharaan lain. Bisa karena kebiasaan pakan pelet atau pakan jenis lain yang cenderung menghiangkan jenis pakan hijauan.

Bagi yang terbiasa memberikan pakan kelinci dengan racikan fermentasi bercampur hijauan, permasalahan tentang kelinci yang belum mau memakan azola pasti hampir tidak akan dialami. Namun, bagi yang mengandalkan pakan pelet, maka memperkenalkan pakan azolla bisa dengan cara mencampur azolla dengan makanan fresh lain yang paling disukai oleh kelinci. sebagai contoh, kita bisa berikan campuran buah apel dan azolla diawali dengan kuantiti pemberian yang paling sedikit.

Kita juga bisa dengan cara menghaluskan pelet yang biasanya diberikan untuk kelinci. Campur kedua bahan tadi dan bentuk dalam kepalan. Lagi-lagi berikan dengan jumlah azola seminim mungkin agar kelinci bisa mengenal rasa dari azolla terlebih dahulu.

Dengan mengenalkan azola dicampurkan pada pakan yang biasanya dikonsumsi kelinci, maka jumlah penambahan kuantiti bisa ditambah secara bertahap hingga akhirnya kelinci mau makan azolla tanpa dicampur dengan apapun. Jumlah air dalam campuran pakan bisa disesuaikan agar nantinya tidak mengganggu pencernaan kelinci.
Agar Kelinci Mau Makan Azolla Agar Kelinci Mau Makan Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on February 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.