Pupuk Alami untuk Tanaman Azolla


Bertanam azolla untuk tujuan digunakan sebagai pakan tambahan bagi ternak memang menjadi hal yang wajib dilakukan. Apalagi ketika terdapat area yang sesuai dan bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman paku air azolla. Bisa di area pinggir rumah atau dekat teras, halaman rumah, yang terpenting area yang dipilih harus tetap mendapat sinar matahari cukup agar tanaman azolla tetap mampu berfotosintesis.

Bertanam azolla tidak melulu harus menggunakan kolam dengan ukuran tertentu (besar). Kita juga bisa gunakan wadah-wadah kecil seperti nampan dan sejenisnya dengan penambahan jumlah wadah yang bisa disesuaikan seiring populasi azolla yang juga semakin bertambah.

Jika tidak ingin menambah jumlah wadah, tanaman azolla juga bisa diperjual belikan dengan harga yang bervariasi. Berkisar antara 10rb-50rb/kg, harga tersebut disesuikan dengan kualitas, lokasi penjual, jumlah stock serta berbagai faktor lain.

Untuk membudidayakan tanaman paku air azolla dalam kolam, pada ukuran 1m2 dengan kedalaman air 10-30cm bisa diberikan bibit azolla dengan jumlah 0.7kg. Jika kandungan nutrisi di dalam air sudah sesuai, maka dalam 3-7hari penumpukan jumlah azolla sudah terlihat jelas.

Ketika menggunakan wadah nampan atau sejenisnya, berikan saja 3-5sendok makan nutrisi dengan jumlah azolla berkisar 70%. Waktu tunggu yang kita berikan sama berkisar 3-7hari untuk mengetahui kandungan nutrisi si dalam airnya.

Media tanam

Media tanam bisa berupa tanah ataupun lumpur. Hal itu disesuaikan dengan kondisi alami pada habitat azolla di sawah ataupun di rawa-rawa dengan kondisi air tenang. Namun, tanpa media tanam pun, hal itu bukanlah sebuah keharusan karena akar tanaman azolla yang cenderung hanya memiliki sistem perakaran yang pendek hanya akan menyerap nutrisi yang terkandung pada air.

Akarnya yang pendek tidak akan menjangkau media tanam yang terlalu dalam. Meski bisa saja membiarkan azolla tumbuh tepat pada permukaan media tanam, namun kita pasti akan kesulitan ketika melakukan pemanenan dengan kondisi azolla yang tumbuh langsung pada media tanam lumpur ataupun tanah.

Jenis Pupuk Untuk Azolla

Beberapa jenis pupuk memang populer diperbincangkan dan dipergunakan. Khususnya pada penggunaan pupuk alami yang keberadaannya hampir selalu ada dan gratis pula. Pupuk yang seringkal dipergunakan sebagai nutrisi agar tanaman azolla bisa tumbuh dengan subur antara lain;

Kotoran sapi
Kotoran kambing
Kompos
Kotoran ayam
Air cucian beras
Air hujan
Kotoran ikan / endapan kolam ikan

Dengan menggunakan salah satu atau beberapa campuran dari pupuk alami tersebut di atas, maka tanaman azolla bisa tumbuh dan berkembangbiak dengan subur. Sebagai uji coba kita bisa pisahkan dalam wadah berukuran kecil untuk mengetahui pupuk alami yang kita beikan apakah cocok untuk mendukung pertumbuhan azolla atau tidak.

Bedakan antara wadah yang satu dengan yang lain, lalu perhatikan pupuk mana yang paling sesuai. Tentang jumlah yang diberikan kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kondisi tanaman azola tidak juga tumbuh banyak dalam kurun waktu tertentu atau bahkan mati, kemungkinan nutrisi dalam airnya kurang atau karena terlalu banyak jumlahnya.

Pupuk Alami untuk Tanaman Azolla Pupuk Alami untuk Tanaman Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on March 18, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.