Penanganan Penyakit Ayam Musim Pancaroba


Kejadian ayam mati massal dengan jangka waktu yang sangat singkat biasa terjadi di kala pergantian musim, dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Penyebabnya ialah virus yang berada di sekitar kadang atau terbawa udara dari koloni ayam tetangga yang sudah terlebih dahulu terserang. Penanganan dan pencegahan yang tepat akan meminimaisir penyebaran serta jumlah kematian pada ayam.

Berikut beberapa paragraf singkat mengenai penanganan unggas yang cenderung mati secara massal pada suhu dingin saat pergantian musim.

Serangan virus merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari beternak unggas. Ayam, bebek, menthok, angsa merupakan jenis unggas yang bisa saja dengan mudahnya terserang oleh virus. Penyebab utama ternak unggas terserang oleh virus yaitu kondisi antibodi unggas yang jauh dari keadaan fit. Hal itu diperparah dengan kondisi suhu dingin yang biasanya terjadi disaat pergantian musim. Selain kondisi suhu dingin yang terjadi di malam hari, kondisi kandang yang kurang sehat juga menjadi media hidup bagi virus unggas.

Virus memiliki kemampuan untuk berubah bentuk dan jika obat penangkalnya hanya bertujuan untuk membasmi virus terentu, maka ketika virus mengubah bentuknya maka obat penangkal tidak lagi mengenali jenis virus yang sebelumnya pernah menyerang unggas.

Jika sudah ada ayam yang terindikasi malas makan, lesu, ngantuk, bagian mulut berlendir, susah bernafas, kotoran putih atau bahkan berwarna hijau, sebaiknya segera isolasi ke area yang berbeda dari koloni ayam lainnya. Jangan biarkan air liur dari ayam menyebarkan virus ke ayam-ayam yang masih sehat.

Penanganan paling aman agar unggas tidak mudah terserang oleh virus yaitu dengan cara melakukan pembersihan kandang secara rutin agar tidak malah jadi sarang virus. Selain itu, memberikan asupan nutrisi untuk mendukung daya tahan tubuh unggas juga perlu dilakukan. Kita bisa berikan obat herbal (jahe, temu lawak, cengkeh, kencur) sebagai tameng menghadapi kondisi dingin kala pergantian musim tiba.

Selain pemberian minuman herbal atau dicampurkan pada makanannya, kita juga bisa melakukan perlindungan ekstra pada kandang agar disaat malam hari ayam-ayam tidak terkena suhu dingin yang berpotensi membawa virus melalui udara.
Penanganan Penyakit Ayam Musim Pancaroba Penanganan Penyakit Ayam Musim Pancaroba Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on March 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.