Mengatasi Jentik Nyamuk Saat Bertanam Azolla


Air merupakan media tumbuh tanaman paku air azolla. Meski bukan merupakan satu-satunya media tumbuh untuk azolla dan azolla tetap biasa hidup dengan media lumpur. Namun, ketika hanya menggunakan media tanam air, hal itu akan mempermudah sewaktu memanen tanaman azolla.

Salah satu kendala yang paling sering ditanyakan ketika membudiayakan azolla adalah bergelut dengan keberadaan jentik-jentik nyamuk. Hal itu sering kali dialami oleh para pemula, penggunaan kolam baru ataupun wadah lain yang cenderung masih dalam kondisi baru.

Sebenarnya, kesempatan untuk nyamuk bisa bertelur hingga telurnya menetas menjadi jentik, pupa dan akhirnya bisa berhasil hidup menjadi nyamuk butuh waktu 8-10hari. Oleh karena itu, untuk menghambat ataupun memotong rantai siklus pupa menjadi nyamuk harus bisa kita cegah secara alami.

Salah satunya dengan cara memberikan ruang sekecil-kecilnya pada permukaan air kolam atau wadah nampan. Semakin sempit ruang yang kita berikan yaitu dengan mengisi penuh permukaan air dengan azolla, maka kesempatan untuk jentik nyamuk bisa hidup akan semakin kecil kemungkinannya.

Faktanya, permukaan air yang dipenuhi oleh azolla akan berakibat tipisnya kandungan O2 atau oksigen di dalam airnya. Kita bisa uji coba memberikan berbagai macam ikan ke kolam azolla yang sudah penuh sesak dengan tanaman azolla. Hasilnya, hampir semua jenis ikan akan mati akibat kekurangan pasokan oksigen untuk bertahan hidup di dalam air.

Jadi, ketika mengalami kendala banyak terdapat jentik nyamuk di kolam atau wadah nampan azolla, maka hal yang paling alamiah yang bisa dilakukan adalah dengan menutup seluruh permukaan air. Niscaya, induk nyamuk tidak akan mau bertelur di situ dan jentik nyamuk pun tidak akan mampu bertahan hidup dalam kondisi yang minim oksigen.

Sebagai tambahan, pemberian pupuk jenis apapun yang mengandung banyak unsur hara P (phosfor) akan menunjang pertumbuhan tanaman azolla. Selain itu, kondisi cahaya matahari juga harus diberikan secara maksimal sebagai sarana tanaman berfotosintesis.
Mengatasi Jentik Nyamuk Saat Bertanam Azolla Mengatasi Jentik Nyamuk Saat Bertanam Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on April 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.