Menyingkirkan Lumut di kolam Azolla


Salah satu penyebab munculnya lumut di kolam azolla bisa diakibatkan oleh penggunaan campuran air bekas kolam ikan. Selain itu kondisi air yang suhunya panas ketika siang hari juga bisa menjadi pemicu munculnya lumut dipermukaan air kolam.


Bagaimana menangani lumut yang muncul di kolam Azolla?


Mempersiapkan air kolam untuk bertanam azolla biasanya menggunakan air bekas kolam ikan sebagai bahan utama campurannya. Suhu air yang panas berdampingan dengan larutan lain yang juga dimasukan ke dalam kolam akan menghasilkan berpotensi menumbuhkan lumut pada permukaan kolam.

Hal itu sebenarnya bukanlah persoalan yang serius jika memang terjadi saat persiapan lahan atau saat benih azolla belum mulai ditebarkan. pada dasarnya, munculnya lumut dipermukaan air disebabkan oleh kondisi suhu air yang terlalu panas. Namun jika kondisinya bisa diperbaiki, dalam waktu satu minggu, biasanya lumut dipermukaan air kolam akan berangsur menghilang larut bersama air.

Ada cara mudah yang bisa kita lakukan agar proses munculnya lumut dipermukaan air kolam ini bisa segera reda. Salah satunya dengan cara mengaduk air kolam agar lumut bercampur dengan pupuk dan segala larutan yang sudah dicampurkan ke dalam bakal kolam azolla.

Selain dengan cara mengaduk kolam, melakukan penyiraman di sore hari juga bisa dilakukan. Hal itu bertujuan untuk memecah lapisan lumut pada permukaan air kolam. Untuk menyeimbangkan jumlah kandungan amonia yang mungkin saja terlalu banyak, penambahan air dengan cara disiram juga bisa berdampak positif untuk memutar dan meratakan kandungan pupuk yang mungkin mengendap di dasar kolam.

Air merupakan media utama saat bertaam azolla. Oleh karena itu, ketika kondisi airnya baik maka produtifitas tumbuh dari tanamna azolla juga akan optimal. Tak perlu menambahkan media lain seperti lumpur ataupun tanah ke dalam kolam azolla karena hal itu hanya akan membuat kualitas air kolam menjadi keruh.
Menyingkirkan Lumut di kolam Azolla Menyingkirkan Lumut di kolam Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on April 28, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.