Ukuran Azolla Mengecil dan Daunnya Berwarna Gelap


Membagi azolla ke beberapa wadah terpisah dan memberikan berbagai macam pupuk yang berjenis berbeda bisa menjadi sarana uji coba. Jika azolla pada salah satu wadah dalam kondisi kurang subur, maka masih ada wadah lain yang bisa kita andalkan sebagai stock bibit.

Kondisi media air menjadi faktor yang paling berpengaruh ketika pertumbuhan azolla terlihat tidak wajar. Sebagai pelarut nutrisi yang akan diserap oleh perakaran azolla, ketesediaan pupuk atau nutrisi di dalam air kolam akan dengan mudah diketahui. Jika azolla yang semula tumbuh subur tiba-tiba berangsur produktifitasnya menurun, bisa jadi kondisi nutrisi dalam airna sudah mula tipis. 

Selain itu, ketersediaan pupuk kotoran hewan yang jumlahnya terlalu banyak, serta kondisi kotoran hewan yang masih baru bisa membuat media airnya menjadi panas. Azolla akan memberikan respond secara langsung yaitu dengan produktifitas yang menurun, ukuran daun yang semakin mengecil dan dedaunan yang mulai mengering.

Jika sudah terjadi hal tersebut, sebaiknya selamatkan azolla yang masih bisa diselamatkan dan letakan pada tempat atau wadah dengan menambahkan air bersih untuk mengurangi kadar pupuk yang terlalu banyak.

Selain karena terlalu banyak pemberian pupuk, kondisi azolla yang kekurangan asupan nutrisi phosfor juga bisa menujukan indikator yang sama yaitu tamanan menjadi kurang produktif dan berukuran kecil.

Sebagai catatan, jika mengalami hal yang seperti itu, sebaiknya segera ganti tanaman azolla dengan bibit yang baru. Meski tetap bisa diselamatkan dan hidup, namun pertumbuhannya cenderung lambat dan akan jauh tertinggal jika dibandingkan dengan percepatan tumbuh bibit azolla yang baru ditebar.

Dari kejadian yang seperti itulah, pilihan untuk selalu membagi bibit azolla menjadi beberapa bagian dalam wadah atau kolam yang berbeda, serta memberikan perlakuan yang berbeda-beda perlu dilakukan. Apalagi ketika proses pembelian bibit bukanlah menjadi hal yang mudah untuk didapatkan, maka secara mandiri kita harus bisa melakukan pembibitan.

Sebagai tambahan, kondisi kolam plastik yang airnya terlalu panas, entah karena dibuat tanpa menggali tanah terlebih dahulu atau karena terpapar sinar matahar yang terlalu banyak sangat berpotensi membuat pertumbuhan daun azolla semakin berukuran kecil. Sebaiknya jika dirasa kedalaman airnya kurang, penambahan volume air bisa ditingkatkan guna membuat kondisi suhu airnya relatif lebih dingin, terutama ketika siang hari yang terik.
Ukuran Azolla Mengecil dan Daunnya Berwarna Gelap Ukuran Azolla Mengecil dan Daunnya Berwarna Gelap Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on April 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.