Susu Pengganti Saat Induk Kelinci Tak Menyusui


Induk kelinci yang tak mau menyusui bayi-bayinya bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dalam 1,5 hari, waktu tersebut menjadi penentu apakah induk dan bayi kelinci membutuhkan bantuan tangan manusia ataukah secara langsung mereka bisa hidup mandiri.

Memberikan jangka waktu 1,5 hari untuk bayi-bayi kelinci tanpa makan adalah jarak yang aman. Secara alami bayi-bayi kelinci yang baru lahir masih memiliki cadangan makanan untuk bertahan hidup hingga 1- 2 hari terhitung seteleh mereka lahir. Namun, jika terindikasi bahwa dalam hampir 24jam si induk kelinci belum menyusui, maka mempersiapkan susu pengganti harus segera dilakukan agar nantinya tidak menjumpai bayi-bayi kelinci terkapar mati lemas karena kondisi kelaparan.

Bayi kelinci dengan kondisi perutnya yang buncit atau dengan cara tidur terlentang dalam kondisi perut besar menunjukan bahwa dia sedang dalam kondisi kenyang.

Penyebab Induk tak Mau Menyusui

Induk kelinci yang diletakan dalam kandang campur atau koloni kecil memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk  menjadi stress. Salah satu akibatnya, si iduk kelinci manjadi tak mau menyusui bayi-bayinya seusai melahirkan.

Berikut dua kondisi umum yang menjadi penyebab si induk kelinci tak mau menyusui bayi-bayinya;

  • Induk kelinci disatukan atau di campur dengan kelinci jantan dalam satu kandang,
  • Induk kelinci disatukan dengan kelinci betina lain,


Kelinci yang sedang hamil, sedang melahirkan ataupun sedang menyusui bayi usia berapapun sebaiknya diletakan di dalam kandang terpisah. Hal itu dilakukan untuk menciptakan kondisi kandang yang nyaman agar sifat alami kelinci yang cenderung teritorial bisa tercapai.

Selain permasalahn yang terjadi di atas, kondisi lingkungan baru yang jauh dengan lingkungannya yang lama juga berpotensi menyebabkan induk kelinci menjadi stress.  Hal itu akan menyebabkan induk kelinci tak mau menyusui bayi-bayinya karena produksi air susu yang tidak lancar. Sebagai tambahan, asupan makanan yang kurang seimbang juga menjadi faktor utama mengapa produksi air susu induk kelinci menjadi tidak lancar.

Solusi Untuk Si Bayi Kelinci

Selama masa tunggu, dalam 1-1,5 hari kita harus bisa pastikan bahwa persedian air susu pengganti untuk makanan bayi-bayi kelinci sudah tersedia. Gunakan jenis susu pengganti yang memiliki kandungan rendah laktosa atau jika ada produk susu yang bebas laktosa akan semakin baik.
Produk dari susukemasan apapun sebenarnya bukan menjadi masalah. Yang terpenting adalah kandungan di dalam susu itu sendiri. Kita bisa pergunakan susu yang biasa diberikan untuk anakan kucing yang terdapat di pet shop. Selain itu, menggunakan susu kaleng bear brand atau dikenal dengan susu beruang juga bisa dipilih karena susu tersebut juga termasuk rendah laktosa.
Pemberian susu pengganti untuk bayi-bayi kelinci yang mengacu pada komposisi free laktosa atau bebas gula bawaan memiliki tujuan agar bayi kelinci tidak alami diare. Jika sudah alami diare, maka proses penerapan nutrisi juga akan terganggu.

Solusi untuk si Induk Kelinci

Pakan menjadi yang harus diutamakan utuk mencegah malnutrisi. Pemberian pakan berupa serat, karbohidrat dan protein alami secara seimbang menjadi salah satu cara yang baik untuk mengatasi ketidak sesuaian siklus hidup kelinci. Selain dengan menyediakan pakan alami, pemberian pelet dengan kualitas tertentu juga akan mempermudah kita mengontrol jumlah asupan pakan setiap harinya.

Selain dengan cara pencegahan seperti di atas, dengan cara memisahkan kelinci pada area yang lebih tenang bersama bayi-bayinya, maka kondisi stress bisa sedikit berkurang. Kita bisa berikan pakan berupa jagung rebus, kedelai rebus serta daun pisang agar produksi susu induk kelnci bisa kembali lancar.

Kemudian, setelah kita bantu memberi bayi-bay kelinci dengan susu pengganti, biasanya dalam waktu tiga hari induk kelinci sudah berusaha menyusui bayi-bayinya dengan normal. Hal itu bisa ditandai dengan cara si induk kelinci mencabuti bulu pada wadah nest box.

Periksa selalu kondisi perut bayi-bayi kelinci dan cek selalu kondisi suhu tubuhnya, jika tetap hangat dan perutnya buncit, tanpa kondisi keriput atau terlihat tulang maka kondsi bayi kelinci aman. Namun, jika kondisi suhu tubuh bayi kelinci tidak terlalu hangat, maka kita bisa bantu dengan cara mengambil bayi-bay kelinci dan letakan pada wadah tertentu lalu beri penghangat dari lampu. Jangan gunakan lampu berjenis LED karena tidak menghasilkan panas yang sesuai.

Susu Pengganti Saat Induk Kelinci Tak Menyusui Susu Pengganti Saat Induk Kelinci Tak Menyusui Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on May 20, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.