Air Hujan Cocok Untuk Menanam Azolla


Saat musim hujan, kolam azolla akan didominasi oleh air hujan. Itu artinya, apakah keberadaan banyaknya air hujan akan mendukung azolla ataukah justru akan menurunkan produktifitas tanaman azolla?


Musim hujan menjadi anugerah bagi banyak orang. Lahan pertanian yang tadinya kekeringan sudah kembali bisa menyerap air dan bisa kembali ditanami. Rawa-rawa yang muai kering bisa kembali terisi dengan air. Serta ikan-ikan yang selama kemarau bersembunyi di dalam tanah bisa kembali merasakan udara bebas dan berenang di air yang bebas. Berbagai manfaat datangnya musim hujan bagi alam pasti bisa dirasakan.


Datangnya musim hujan juga berengaruh pada kolam-kolam azolla yang selama musim kemarau harus selalu ditambahkan air karena banyak yang menguap. Ada yang beranggapan bahwa air hujan memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan azolla. Namun, penulis sendiri tidak bisa memastikan apakah air hujan berdampak positif atau justru memberikan dampak negatif bagi tanaman azolla.



Jika dilihat dari kandungan mineralnya, air hujan yang berada di wilayah kawasan industri pasti akan berbeda dengan sebuah wilayah yang tanpa pabrik atau tanpa kontaminasi polutan. Memerlukan peralatan khusus untuk mengetahui kandungan air hujan pada setiap daerah. 


Disisi lain, faktor yang mendasar sebaiknya lebih diperhatikan ketika pergantian musim kemarau ke musim penghujan mulai terjadi. Seperti perubahan intensitas cahaya matahari yang jatuh ke permukaan kolam azolla serta persediaan pupuk dalam kolam azolla. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut, maka bisa dipastikan kondisi pertumbuhan azolla bisa maksimal. 


Kondisi hujan yang terjadi terus menerus sebaiknya direspond dengan memperhatikan dampaknya terhadap percepatan tumbuh dari azolla. Adakah pengaruhnya ketika sinar matahari menjadi minim muncul? Apakah air hujan yang terus jatuh berdampak pada nutrisi air kolam azolla yang juga turut mengalir keluar? 


Jika memang produktifitas azolla setiap harinya masih sama, berarti kondisi nutrisi di dalam airnya masih seimbang. Namun, jika nyatanya pertumbuhan azolla jadi lambat maka penambahan pupuk harus segera dilakukan agar nutrisi pupuk yang sudah mengalir keluar kolam bisa segera digantikan. Menyingkirkan dedaunan disekeliling kolam azolla juga bisa dilakukan jika memang menjadi penyebab terhalangnya sinar matahari untuk menyinari permukaan kolam azolla. 

Air Hujan Cocok Untuk Menanam Azolla Air Hujan Cocok Untuk Menanam Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.