Musim Hujan Perlu Mandeg Ternak Ayam Rumahan?


Musim hujan masih menjadi salah satu alasan yang mempengaruhi mortalitas hewan peliharaan. Salah satunya, musim hujan dipercaya oleh beberapa orang menjadi penyebab utama munculnya berbagai penyakit untuk datang di sekitaran kandang. 


Kondisi kelembaban yang terlalu tinggi bisa terjadi akibat berkurangnya intensitas cahaya matahari di area kandang. Selain itu, kondisi kandang yang kurang bersih menjadi sumber bakteri patogen serta virus mudah berkembang pesat dan dengan mudah akan menyerang sistem imune ternak ayam di kandang. 


Berbagai perlakuan ketika beternak ayam memang sebaiknya dilakukan tidak hanya berdasarkan pergantian musim. Namun, kondisi kebersihan kandang menjadi salah satu yang paling utama dalam beterak ayam. Berikut beberapa hal lain yang wajib dilakukan untuk menjaga tenak ayam rumahan tetap sehat dengan jumlah mortalitas yang rendah:


Mempersiapkan Alas Kandang

Apapun sistem kandang yang dipergunakan. Entah model bertingkat ataukah tidak, kondisi litter atau kotoran ayam harus aman. Jangan sampai ikut mengotori dan menjadi bagian dari “apa adanya” kondisi kandang tanpa penanganan. Bisa mempergunakan alas sekam atau pasir atau jenis yang lainnya, kemudian jika jenis kandang bertingkat harus dibersihkan rutin.


Sanitasi dan Management Amoniak

Nah, ini bagian dari sistem alas kandang. Jika penamungankotoran tidak mendapat perhatian yangserius, maka hasil yang terjadi adalah penumpukan jumlah amoniak di dalam kandang. Resikonya ada pada menurunnya kondisi kesehatan ayam.  


Memilah Berdasarkan Ukuran Ayam

Ini menjadi proses penting untuk dilakukan. Menyatukan ayam dngan berbagai ukuran akan  berdampak pada terjadinya superior dan inferior gap di dalam kandang. Yang superior akan tetap makan kenyang dan yang inferior akan semakin terhimpit dan kurang makan. 



Tempat Makan dan Minum

Jumlah tempat makan dan minuman harus disesuaikan dengan jumlah paruh ayam yang menganga. Mengurangi kesempatan untuk mereka saling berebut makan dan minum berarti memberi kesempatan untuk mereka bisa tumbuh berkembang secara normal dan optimal. Jika dibiarkan saling berebut, maka kejadian superior dan inferior akan kembali terulang. 


Disain Kandang

Ayam bisa makan dan minum tanpa saling berebutan merupakan salah satu ciri kandang yang ideal. Kandang intensif tidak membebaskan ayam untuk mencari makan selai di tempat pakan yang sudah disediakan.


Pemberian tenggeran tak selalu diperlukan, biarkan mereka langsung beristirahat pada alas kandang jika memang sistem penampung kotoran sudah dibuat sesuai yang kita inginkan. 


Sirkulasi Udara Aman  

Sirkulasi udara menjadi bagian dari pemisah antara udara luar dengan kandang ayam. jika memang kondisi luar kandang selalu hujan, jangan biarkan kondisi bagian dalam kandang ayam juga ikut basah. 


Kemudian, untuk kondisi udara malamnya, kondisi di dalam kandang juga harus tetap hangat agar ternak ayam rumahan tetap bisa tidur nyenyak demi kesehatan dan pertumbuhannya yang optimal. 


Obat-obatan atau Herbal Pencegahan


Menjaga kesehatan ternak termasuk di dalamnya adalah membuat ternak jauh dari kondisi stres. Mulai dari menjaga usus dan pencernaan ayam lewat asupan pakan yang sesuai hingga menyingkirkan kesempatan bagi virus dan bakteri untuk mendekat ke kandang. Hal itu akan memberikan kesempatan untuk ternak ayam rumahan milik kita aman dari segala macam penyakit akibat pergantian cuaca atau sebab yang lainnya. 


Jika udara dingin, selimuti kandang dengan kain atau terpal untuk menghalau angin menembus celah-celah kandang.kemudian, jika terlalu lembab bisa diperbaiki sirkulasi kandang agar amoniak dan karbondioksida mengalir ke luar digantikan oleh oksigen yang jauh lebih segar. 

Musim Hujan Perlu Mandeg Ternak Ayam Rumahan? Musim Hujan Perlu Mandeg Ternak Ayam Rumahan? Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 25, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.