Kecebong Makan Berapa Banyak Azolla


Kalau ditanya berapa banyak yang bisa kecebong atau berudu habiskan untuk setiap kali memakan azolla, jawabanya tergantung dari besar ukurannya dan kerusakan yang ditimbulkan. 


Kecebong atau berudu adalah salah satu hama pada tanaman azolla yang tak hanya makan tapi juga merusak perakaran. Imbasnya, pertumbuhan azolla menjadi tak optimal karena sistem penyerapan  nutrisi melalui akar sudah mulai terganggu. 


Jika sudah demikian, kondisi rusaknya akar akibat ulah kecebong harus segera ditindak lanjuti. Apabila memilih untuk dibiarkan saja, maka azolla yang sebelumnya telah kehilangan percepatan tumbuhnya bisa semakin parah dan beresiko terhadap eksistensinya. 


Akar azolla terpotong rata - Dimakan kecebong / berudu besar – Selamatkan azolla yang tersisa dan basmi hamanya.


Ada pembudidaya yang percaya bahwa kehadiran kecebong dalam kolam azolla mereka tak berati banyak pada produksi azolla setia harinya. Jika merasakan hal yang sama dan memang setelah diperiksa tak berpengaruh terhadap tanaan azolla, maka keberuntung sedang berpihak pada kita. 



Namun, jika kita termasuk pembudidaya yang merasakan penurunan produksi azolla akibat adanya banyak kecebong tertentu di dalam kolam azolla, maka membaca artikel ini secara mendetail akan memberikan pencerahan tentang solusi yang harus segera dilakukan. 


Jadi, ketika sudah bisa dipastikan bahwa rusaknya akar azolla disebabkan oleh kecebong yang hidup di dalam kolam azolla, maka segera lakukan hal-hal berikut ini;


Panen Azolla Sebelum Habis dimakan Kecebong

Memanen azolla menjadi pertolongan pertama untuk selamatkan kondisi azolla. Namun, sediakan pula tempat untuk menyimpan azolla untuk sementara. Simpan dengan aman supaya dlaam beberapa hari masih bisa dikembalikan ke dalam kolam lagi. 


Setelah semua azolla sudah diangkat dari kolam, jangan beri peneduh apapun pada kolam. Kecebong senang berlindung atau bersembunyi dari panas matahari, kondisi ini akan membuat fisik kecebong sedikit menurun. 


Beri Beberapa Ikan Predator Ke dalam Kolamnya

Kemudian, setelah melakukan pemanenan seluruh azolla. penebaran beberapa jumlah ikan predator bisa dilakukan. Ingat untuk memilih ukuran dari ikan predator yang mampu memangsa kecebong atau berudu di dalam kolam.


Mulai dari ikan piranha dan ikan aligator adalah dua jenis ikan predator yang paling mudah kita temukan di kios –kios ikan. Piranha merupakan ikan air dalam sedangkan aligator merupakan ikan air atas. Kombinasi keduanya akan cocok untuk segera basmi ratusan kecebong atau berudu yang sudah menunggu disantap di dalam kolam. 


Melakukan hal traditional lain seperti pemberian ramuan tertentu yang membuat ikan puyeng juga bisa dilakukan. Atau ketika tahu cara strum dalam air juga bisa dicoba. Namun, sayangnya pada artikel ini kita tidak membahas tentang kedua hal tadi secara mendetai dikarenakan tak mengerti dan belum pernah mencobanya.


Kecebong Makan Berapa Banyak Azolla Kecebong Makan Berapa Banyak Azolla  Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.