Musim Hujan Saatnya Stek Tanaman Kelor


Masih menjadi salah satu jenis sayuran yang paling bermanfaat untuk ditanam. Bukan hanya mengandung serat, banyak manfaat lain yang terkandung dalam daun yang berukuran kecil-kecil ini. Bernama latin Moringa oleifera atau dikenal masyarakat dengan sebutan daun kelor. Bisa dijadikan berbagai olahan, salah satunya sangat cocok ketika dijadikan olahan pecel sambel kacang. 


Tanaman kelor banyak dimanfaatkan daunnya. Namun,karena kurang diperhatikan tanaman kelor jadi tumbuh menjulang dan tak bisa dipanen hasil daunnya. Oleh karena itu, managemen batang perlu dilakukan agar pohonnya tetap pendek dengan jumlah daun yang tumbuh subur pada setiap batangnya. 


Salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan stek batang dari tanaman kelor. Jadi, ketika tanaman sudah tumbuh terlalu tinggi, batang-batangnya bisa kita pangkas untuk kemudian dijadikan bibit berupa stek batang.


Lalu bagaimana cara termudah untuk menanam kelor dari stek?


Sebenarnya kelor termasuk salah satu jenis tanaman yang mudah tumbuh. Bisa tetap hidup di lahan yang teduh atau terdapat peneduh, hingga mudah pula diperbanyak dengan cara potong tancap. Namun, tak semua orang mengalami kemudahan yang sama ketika mereka praktek untuk memperbanyak tanaman kelor dari stek batang. 



Ada yang berhasil dengan mudah, tetapi banyak pula yang kepayahan untuk mengusahakan batang stek yang mereka tanam untuk tumbuh tunas baru. Rata-rata hanya berupa tunas muda yang tumbuhnya sementara sekitar 2-3 cm dan kemudian layu dan mati. 


Pada artikel kali ini, tanam ternak blog akan membangkitkan semangat bertanam kelor yang sebelumnya pernah padam dan akan kita bangkitkan pada musim penghujan kali ini. Berikut tipsnya:


Potong Batang Kelor

Mempersiapkan batang kelor dimulai dengan memotong-motong batang sepanjang 50cm. Gunakan golok tajam untuk mempermudah pengerjaan. Jadi, sekali libas batang kelor bisa langsung terpotong. Potong dengan cara meruncing, miring atau diagonal.


Ukuran batang bebas, tua ataupun muda kita coba saja semuanya. Jika ada bagian kulit atau batang yang terpotong kurang tajam sebaiknya rapikan. Pemberian lendir lidah buaya bisa diberikan sebagai anti jamur. Namun jika tak ingin pakai ya tinggal skip saja.


Persiapkan Lahan

Lahan bisa memakai area apapun. Di bawah pohon besar ataupun di tanah lapang juga boleh saja. Sekali lagi, coba saja semua selama musimnya masih penghujan maka tak ada keharusan untuk kita menyiraminya.


Membuat lubang dengan alat berupa linggis atau crowbar bisa mempermudah ketika menancapkan puluhan batang kelor. Selain mempermudah, mencegah kulit batang rusak juga menjadi tujuan lainnya. 


Dua point di atas sudah sangat cukup ketika melakukan perbanyakan stek batang kelor di musim penghujan. Jika kedua tips di atas sudah dimengerti dan dipraktekan, niscaya stek kelor yang kita tanam akan tumbuh tanpa php belaka. Selamat mencoba.

Musim Hujan Saatnya Stek Tanaman Kelor Musim Hujan Saatnya Stek Tanaman Kelor Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 01, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.