Stek Batang Daun Afrika yang Penuh Manfaat


Memanfaatkan tanaman sebagai herbal memang banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Salah satunya yang dilakukan pada tanaman yang dikenal dengan daun afrika. Tanam ini tidak begitu populer meski sebenarnya sangat bermanfaat terutama untuk masalah pencernaan. 


Meski tak begitu sulit untuk dikembangbiakan ataupun ditanam, nyatanya masih banyak orang yang  tidak mengenal ataupun familiar dengan tanaman yang satu ini. Berikut yang bisa dilakukan untuk menanam daun afrika atau dengan nama latin Vernonia amygdalina atau dalam bahasa inggris disebut bitter leaf.



Daun afrika bisa diperbanyak dengan cara stek batang. Jadi, sama seperti tanaman singkong, daun afrika juga memiliki kemudahan yang sama ketika berusaha untuk diperbanyak. Berikut uturan cara menanam daun afrika:


Menyiapkan Batang Stek,

Dengan panjang 10-30cm tak ada aturan khusus, namun usahakan agar memilih batang yang sudah cukup tua atau yang sudah berwarna coklat abu-abu. Memilih batang stek yang masih berwarna hijau memiliki potensi gagal lebih tinggi dibandingkan ketika memilih batang yang sudah cukup tua. Biasanya batang yang berwarna hijau akan dengan mudah layu ataupun berjamur ketika ditanam.


Baca juga: Bahan Alami Atasi Kelinci Yang Terkena Diare


Menyediakan Media Tanam,

Mulai dari sekam bakar, cocopeat, tanah kompos, tanah biasa hingga tanah pasir pun bisa menjadi pilihan. Yang terpenting adalah memastikan kondisi tanah untuk menanam batang stek dalam keadaan steril. Tanah pasir menjadi yang paling aman dipilih karena bukan menjadi media yang disukai jamur ataupun organisme pengganggu lainnya. 


Sungkup plastik (Greenhouse),

Melakukan sungkup bisa dipilih, tidak pun tak masalah. Namun, ketika dilakukan sungkup, maka percepatan tumbuh dari batang daun afrika akan terjadi jauh lebih cepat. Apalagi ketika menanam stek batang dilakukan pada musim penghujan, maka menggunakan sungkup yang hangatnya terjadi secara konstan akan sangat bermanfaat pada proses pertumbuhan tunas baru dan akar baru dari batang yang di tanam. 


Jika ingin memperbanyak daun afrika tanpa mengikuti urutan cara diatas sebenarnya bisa saja. Namun, ketika batang yang tersedia hanya satu, maka sebaiknya kita usahakan agar cara tanamnya tetap dalam kondisi steril untuk menghindarkan jamur ataupun patogen datang dan menggagalkan proses tumbuh stek batang daun afrika yang kita lakukan. 


Stek Batang Daun Afrika yang Penuh Manfaat Stek Batang Daun Afrika yang Penuh Manfaat Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 31, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.