Pelihara Kelinci Sistem Umbaran Kelebihan dan Kekurangan


Syarat Kandang Umbaran Untuk Kelinci,

Meski dipelihara secara umbaran, pastikan bahwa kelinci memiliki area untuk berteduh. Area ini harus berkondisi kering dan adem, jadi bisa dipergunakan untuk berlindung ketika cuaca panas ataupun ketika sedang turun hujan lebat sekalipun. Alas berupa tanah lebih dianjurkan agar urin bisa langsung meresap ke dalam tanah.


Pastikan bahwa area umbaran terbebas dari predator, seperti; tikus, kucing, garangan atau yang lainnya. Jika semisal terdapat tikus dan dibiarkan saja, maka setiap kali kelinci beranak akan jadi santapan tikus. Begitu juga ketika terdapat kucing atau predator yang berukuran sama atau lebih besar dari kelinci, bakal makin parah akibatnya. 



Kelinci larinya kencang, apa masih terkejar predator?


Biarpun diusia satu bulan kelinci kecil sudah bisa berlari kencang, namun kemampuan predator dan insting alaminya berburu daging tidak perlu kita ragukan. Kucing dan tikus menjadi yang pling banyak populasinya di jalanan. Apalagi ketika ada lubang selokan ataupun pagar tak tinggi, dua predator itu akan dengan mudah berkeliaran di sekeliling rumah kita.


Kerugian:

  • Rawan dimangsa oleh predator, seperti kucing, tikus, garangan dll,
  • Bayi-bayi kelinci seringkali terkena scabies diusia muda karena kondisi lubang sarang yang bercampur kotoran padat juga urin kelinci,
  • Berpotensi tarung atau saling serang antar pejantan yang beresiko luka parah hingga kematian,
  • Tidak bisa memanfaatkan urin kelinci karena semua yang keluar langsung terserap ke dalam tanah,
  • Bakal berpotensi merusak tanaman berbatang di sekitar kandang umbaran,
  • Akan terdapat lubang-lubang galian hingga merusak pondasi rumah,
  • Bulu area kaki bahkan bisa seluruhnya menjadi mudah kotor.


Keuntungan:

  • Hemat waktu ketika pemberian makan dan minum karena cukup letakan pakan dalam wadah besar tanpa perlu membuka dan menutup pintu satu per satu,
  • Tenang ketika ditinggalkan karena siapapun (tak perlu ahli) bisa diminta untuk menjaga kondisi makan dan minum tetap ada,
  • Lebih santai dan memiliki banyak waktu untuk melihat mereka berlarian dibanding habis waktu memberi makan dan perawatan kandang.

Jika memang baru pertama kali ingin memelihara kelinci dan bimbang menentukan untuk meletakan dalam kandang ataukah umbaran, maka sebaiknya coba keduanya. Manakah yang akan cocok untuk diterapkan di lingkungan tempat tinggal kita. 


Kondisi kesehatan serta kemampuan mereka berkembang biak sebaiknya selalu diperiksa. Percuma saja jika setiap kali beranak bayi-bayinya dimangsa tikus atau predator lainnya. Segera perbaiki kekurangannya atau ubah haluan untuk memilih sistem kandang kelinci satuan saja. 

Pelihara Kelinci Sistem Umbaran Kelebihan dan Kekurangan Pelihara Kelinci Sistem Umbaran Kelebihan dan Kekurangan Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.