Keunggulan Labu Butternut Squash untuk Kesehatan



Warnanya yang menarik juga disertai oleh rasanya yang asik. Labu butternut squash atau dikenal dengan labu menteaga memiliki rasa gurih sedikit manis jika sudah diolah. Salah satu olahan paling mudah untuk labu mentega ialah dengan cara dikukus. Raanya yang cenderung netral atau boleh dikatakan tidak dominan akan sangat berpotensi untuk dijadikan berbagai macam olahan kue yang enak juga sehat di badan.

Merupakan family dari cucurbitaceae, labu mentega memiliki kandungan vitamin A, sebagai sumber serat, potasium, magnesium tanpa terdapat lemak, tanpa kolesterol ataupun tanpa sodium seperti layaknya jenis sayur- sayuran. Lebih lanjut, menurut healthline.com secangkir butternut olahan sebanyak 205 gram akan terdiri dari:
Kalori:  82
Karbohidrat; 22 gr
Protein: 2 gr
Serat: 7gr
Vitamin A: 457%
VitaminC: 52 %
Vitamin E: 13%
Thiamin (B1): 10%
Niacin (B3) : 10%
Pyridoxine (B6): 13%
Folate (B9): 10%
Magnesium: 15%
Potassium: 17%
Manganese: 18%



Dari data di atas menjelaskan bahwa labu mentega merupakan sumber makanan yang banyak terdapat vitamin A, vitamin C serta mineral lain. Vitamin A sebagai sumber inti pertumbuhan sel, kesehatan mata, keshatan tulang serta untuk menjaga sistem imune. Sedangkan vitamin C, selain berfungsi untuk menjaga imune tubuh, juga terdapat colagen sintetis juga berfungsi percepat penyembuhan luka serta mengurangi resiko kanker paru- paru karena ada banyak terdapat beta-karoten dalam tubuh. Kedunya, Vitamin A dan C berfungsi sebagai antioksidan serta sebagai proteksi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh ketidakstabilan molekul atau dikenal dengan radikal bebas. Pada penelitian yang dilakuakan pada 2.445 orang yang memiliki resiko penyakit jantung bisa menurun hingga 23 % dengan mengkonsumsi labu sebagai menu harian.

Vitamin E juga digunakan sebagai antioksidan juga membantu kita memproteksi tubuh dari serangan radikal bebas hingga pencegahan penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian pada sejumlah 2.983 anak usia 13th mengatakan bahwa pemberian labu mentega mampu meningkatkan memory, memingkatkan perhatian visual serta komunikasi verbal pada usia anak yang ke 14 . Terdapat Vitamin B yang digunakan tubuh sebagai energi serta pembentukan sel darah merah. Kemudian, berperan untuk kesehatan tulang terdapat pada magnesium, potassium serta manganese.

Sebagai tambahan, labu mentega merupakan teman diet yang baik. Dengan cara dipotong kecil lalu diolah dengan cara di panggang bersama menu diet lain akan menjadi hidangan menyenangkan untuk temani diet kita. 

Keunggulan Labu Butternut Squash untuk Kesehatan Keunggulan Labu Butternut Squash untuk Kesehatan Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.