Ancaman Radikal Bebas Pada Tubuh Manusia




Radikal Bebas itu apa sih?

Satu istilah yang sering kita dengar lewat iklan televisi, radio atau bahkan poster di tempat umum. Radikal bebas bisa berkenaan dengan jantung, stroke, kanker dan berbagai hal lain. Nah, mengetahui berbagai penyakit yang akan timbul akibat dari radikal bebas, berikut penjelasan ringan mengenai apa itu radikal bebas.

Radikal Bebas adalah sebuah molekul ber elektron tidak berpasangan yang selalu mencari pasangan. Hal itu di dukung dengan sifatanya yang sangat reaktif sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada molekul sekitarnya.


Baca juga artikel serupa:

Asupan Makanan sebagai Antioksidan
Arti dari Antioksidan
Keunggulan Labu Mentega untuk Kesehatan




Radikal bebas tidak sepenuhnya merugikan bagi tubuh. Ada kalanya radikal bebas justru berperan sebagai sistem imune yang diperlukan tubuh sebagai transportasi elektron yang dalam kadar normal digunakan untuk perkembangan sel juga membantu sel darah putih (leukosit) untuk membasmi kuman yang masuk dalam tubuh.

Dalam tubuh, radikal bebas bisa berasal  dari dua sumber, yaitu; secara endogen (dari dalam tubuh) juga eksogen (dari luar tubuh). Kita akan beri contoh radikal bebas yang berasal dari luar saja, semisal; dari asap rokok bagi perokok aktif maupun pasif. Di dalam asap rokok mengandung banyak sekali senyawa oksidan yang bersifat reaktif dan merusak. Radiasi juga menjadi sumber radikal bebas dari luar, semisal; penggunakan radioterapi dan sinar x memungkinkan terjadinya kerusakan jaringan oleh radikal bebas. Kemudian radikal bebas yang berasal dari konsumsi obat obatan. Semisal; antibiotik quionoid, obat kanker, dll.
Ancaman Radikal Bebas Pada Tubuh Manusia Ancaman Radikal Bebas Pada Tubuh Manusia Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.