Stek Cemara Norfolk Island

Salah satu tanaman yang cocok untuk digunakan sebagai peneduh serta dijadikan focal point di area taman, tanaman cemra norfolk menjadi cocok untuk dipilih. Berciri mampu untuk tumbuh tinggi menjulang dengan tanpa sampah yang berjatuhan setiap hari.


Membudidayakan tanaman cemara norfolk island salah satunya bisa dilakukan dengan cara stek pucuk. Stek pucuk dilakukan dengan metode yang sama seperti melakukan perbanyakan terhadap tanaman lain. Namun, terdapat sedikit perbedaan tentang melakukan perbanyakan tanaman cemara norfolk island dengan metode stek.



Jadi, ketika ingin melakukan Stek Cemara Norfolk Island, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tentang memilih bahan yang akan digunakan untuk stek. Pilih hanya batang inti atau bagian pucuk. Dengan memilih batang inti, maka bagian itu akan mampu menghasilkan batang lateral (dahan menyamping) serta akan tumbuh normal (ke atas) seperti layaknya sebuah pohon. Namun jika menggunakan batang lateral sebagai bahan stek, bagian itu akan tetap hidup (sementara) meski tidak menjadi sebuah pohon karena tidak memiliki batang utama untuk tumbuh menjulang. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan bahan pucuk stek yang sesuai, kita bisa dapatkan dari tunas- tunas baru dari tanaman yang sudah dipangkas atau dipendekkan.

Berikut alat dan bahan untuk melakukan Stek Cemara Norfolk Island:


  1. Gunakan pisau tajam dan steril
  2. Gunakan media tanam yang steril
  3. Larutan ZPT atau anti jamur
  4. Persiapkan sungkup atau green house


Langkah- langkah melakukan Stek Cemara Norfolk Island:


  1. Ambil pucuk tanaman Cemara Norfolk Island
  2. Rapikan semua bekas potongan dengan pisau yang tajam dan steril. Jangan tinggalan bagian retak tetap ada.
  3. Kurangi jumlah daun (sisakan sedikit seperti pada gambar)
  4. Cuci dengan air bersih atau air sabun cuci piring untuk menghilangkan getah putih yang keluar
  5. Rendam pada larutan ZPT atau anti jamur (selama 1-8 jam)
  6. Tanam pada media steril atau bisa pilih pasir sungai
  7. Siram hingga seluruh media tanam pasir terlihat basah, lalu tancapkan pucuk cemara
  8. Letakan stek pada green house


Daun dari cemara norfolk island yang menyerupai jarum tebal ini memang sangat awet atau susah busuk. Namun jika batangnya tidak berubah kecoklatan (busuk atau berjamur) dan tumbuh daun baru, hal itu menjadi indikator bahwa ada progress positif pada stek cemara norfolk yang kita tanam.
Stek Cemara Norfolk Island Stek Cemara Norfolk Island Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.