Membuat Bonsai dari Akar Beringin dan Sambung Pucuk



Tanaman beringin menjadi salah satu bahan tanaman yang sangat populer untuk dijadikan bonsai. Selain karena karakteristik dari batang beringin yang sangat bonsai (able), jenis tanaman beringin juga lebih mudah ditangani atau akan jauh dari kata stres saat proses eksekusi.



Menjadi salah satu tanaman yang mudah diperbanyak dengan metode stek batang, hal itu menjadi poin plus untuk melakukan eksperimen bentuk bonsai dengan bahan tanaman beringin. Di Indonesia, beringin atau tanaman dengan nama ilmiah ficus memang terdiri dari berbagai macam jenis. Ada beringin Iprik, beringin kimeng, beringin korea, beringin dolar dan masih banyak jenis beringin serta tanaman lain dalam famiy ficus. Mereka semua memiliki karakteristik yang sama meski beda pada bentuk daun.

Karena banyak potensi dan kemudahan yang bisa dimanfaatkan, membuat bonsai beringin tidak harus dimulai dari menanam tanaman beringin sejak ukuranya kecil. Kita bisa persingkat itu semua dengan metode stek batang. Stek batang akan sangat efisien untuk dilakukan, selain itu kita juga bisa memilih bentuk sera ukuran batang yang nantinya akan menarik ketika dijadikan tanaman bonsai.

Melakukan stek batang beringin tentu membutuhkan pengetahuan yang cukup agar nantinya batang stek mampu tumbuh menjadi tanaman baru. Hal- hal dasar tentang MELAKUKAN STEK seperti penggunaan alat- alat yang steril serta pemilihan media tanam yang sesuai juga treatment penanaman bisa dibaca pada artikel- artikel di bawah ini:


Begini Cara Stek Pucuk Tanaman Bunga Telang

Tips Trick Stek Mulberry tanpa ZPT

Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo Lebih Mudah

Stek Bambu Kuning Berhasil

Tips Stek Pucuk Tanaman Dewandaru Supaya Berhasil

Belajar Singkat Stek Beringin Variegata

Pengertian Stek dan Cara Stek Tanaman

Stek Jambu Air Tanpa Perangsang Akar Cepat Tumbuh



Tentang teknis melakukan Bonsai dari Akar Beringin Metode Okulasi, hal itu akan terdapat perbedaan. Namun ketersedian bahan akar serta bentuknya yang akan menarik untuk dijadian bonsai, maka segala kendala teknis tentang membuat bonsai akar beringin tidak akan menjadi soal.



Karena yang akan kita ambil adalah bagian dari akar tanaman beringin, maka kita tidak dapat menerapkan metode stek. Melakukan stek akar akan sulit dilakukan karena pada akar tidak ada dorongan secara natural untuk nantinya menumbuhkan tunas baru. Apalagi jika melakukan stek akar, lalu dibarengi dengan melakukan okulasi / sisip/ sambung pucuk, hal itu akan sangat menguras energi saat proses healing serta terlalu memaksa untuk menumbuhkan daun baru. Maka, yang bisa dilakukan adalah dengan memotong ujung akar atau memindahkan ujung akar yang tumbuh liar agar tumbuh teratur dalam wadah atau polybag. Untuk menumbuhkan akar beringin yang kita pindah akan membutuhkan estimasi waktu satu minggu hingga satu bulan hingga akhirnya akar beringin siap untuk dipotong.



Berikut langkah- langkah untuk melakukan Bonsai dari Akar Beringin:


  1. Pilih akar beringin yang posturnya menarik. Potong bagian ujungnya atau pindahkan ujung akar ke dalam polybag.
  2. Setelah akar tumbuh subur dalam wadah, maka kita bisa potong pangkal akar dipisahkan dari batangnya. Kemudian dilanjutkan dengan metode okulasi atau sambung pucuk.
  3. Kita bisa memilih dari jenis beringin apapun yang akan kita jadikan daun atau yang akan bertugas untuk berfotosintesis dari bonsai akar ini. Bisa menggunakan beringin korea, beringin dolar ataupun jenis beringin lain sesuai dengan keinginan.
  4. Lakukan dengan mengambil pucuk tanaman beringin yang sehat dan kemudian sambungkan pada pucuk akar yang telah kita persiapkan. Tidak ada perbedaan khusus mengenai proses sambung pucuk pada batang ataupun pada akar seperti yang sedang kita lakukan. Namun, kita harus tetap pastikan alat yang kita gunakan tetap steril serta bahan sambung pucuk ataupun akar harus bebas dari hama ataupun jamur.
  5. Setelah selesai proses penyambungan, maka tanaman bisa kita sungkup atau lebih baik letakan pada green house. Proses ini tidak akan memakan waktu lama jika suhu dalam green house sesuai. 
  6. Dalam satu bulan tanaman sudah bisa kita keluarkan dari green house untuk dipindahkan pada area dengan naugan untuk proses adaptasi calon bonsai akar dengan suhu lingkungan. 
  7. Tiga bulan kemudian pucuk yang awal dulu kita sambung sudah tumbuh lebat dan saatnya pemangkasan serta pembentukan posture bonsai seperti yang kita inginkan. 



Membuat Bonsai dari Akar Beringin dan Sambung Pucuk Membuat Bonsai dari Akar Beringin dan Sambung Pucuk Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 29, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.