Menanam Kencur Dalam Pot dan Polybag


Kencur sebagai salah satu rempah yang mudah ditemukan di warung-warung sayur mentah dengan berbagai perbedaan harga di masing-masing tempat dan lokasinya.

Aroma kencur yang sangat khas cenderung segar, membuat rempah yang satu ini menjadi bagian atau ingredien dari berbagai macam masakan. Selain itu, fungsi dari kehadiran kencur bukan berhenti diposisi hanya sebagai penyedap masakan namun lebih jauh bisa menjadi bagian dari obat herbal.

Kencur termasuk dalam suku atau family Zingiberaceae dengan nama ilmiahnya Kaempferia galanga. Kegunaan kencur yang paling dikenal khususnya di Jawa dan Bali adalah digunakan sebagai bahan dasar jamu beras kencur. Merupakan jamu herbal populer yang diolah secara tradisional tanpa penggunaan pengawet karena tujuannya dibuat dan dijajakan untuk habis dalam seharian.


Untuk menanam kencur, kita bisa ambil dari rimpang atau rhizoma kencur yang sudah mulai muncul tunas. Pilih rimpang kencur dengan ukuran besar dan cukup tua. Terkadang kita akan dengan mudah mendapatkan rimpang dari kencur yang sudah bermunculan tunas. Namun, jika belum terdapat tunas pada rimpangnya, kita bisa usahakan dengan cara meletakan pada area gelap. Kondisi gelap atau tidak terkena sinar bias ruangan akan membuat pembenihan rimpang kencur mampu tumbuh tunas dengan cepat.

Setelah semua rimpang yang telah dipersiapkan telah ditumbuhi tunas, maka kita bisa persiapkan media tanam dan tempatkan pada pot atau polybag. Menanam kencur dalam pot atau polybag bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hal itu justru akan sangat mempermudah saat proses perawatan serta saat pemanenan.

Lebih lanjut, daunnya yang tumbuh dengan subur dalam pot bisa dijadikan sebagai salah satu penghias sudut taman. Tanaman kencur termasuk yang menyukai sinar matahari agar mampu menghasilkan daun serta rimpang yang bagus, oleh karena itu jika diletakan dalam area indoor akan berakibat pada pertumbuhan yang kurang maksimal. Hal itu tetap bisa dilakukan, namun kita harus bisa menjaga keseimbangan dan mengkondisikan tanaman tetap mendapat asupan sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesisnya.

Pemilihan media tanam untuk kencur bisa bermacam-macam. Kita bisa pilih media tanam dengan karkter mampu menyimpan nutrisi tanah namun bukan media tanam yang justru menggenangkan air. Media tanam yang terlalu banyak air justru akan mengganggu proses tumbuh rimpang kencur. Oleh karea itu sbaiknya gunakan media tanam dengan campuran antara lain; pasir, sekam bakar, tanah biasa serta pupuk kandang dengan skala perbandingan masing-masing 1:1. Dengan mencapurkan beberapa bahan untuk media tanamkencur, maka kondisi tanah akan gembur karena mengandung banyak oksigen dan senbagai tempat hidup yang nyaman bagi cacing ataupun organisme baik lain dalam media tanam.

Untuk pemilihan pupuk yang sesuai untuk tanaman kencur, kita bisa pilih atau dapatkan dari produk-produk yang ada di toko pertanian dengan memilih pupuk dengan kandungan NPK yang seimbang. Atau kita juga bisa gunakan pupuk kandang hasil racikan sendiri yang tentunya sudah diproses dan telah siap untuk digunakan.

Cara penanaman rimpang kencur dalam pot atau polybag tidak memerlukan peraturan yang terlalu susah. Kita hanya perl meletakan sat rimpang saja untuk setiap tempatnya. Jadi dalm atu pot atau polybag akan kita letakan cukup satu rimpang kencur saja. Hal itu berlaku unuk ukuran pot atau polybag yang kecil atau berkisar  memiliki diameter 10cm. Namun jika wadah atau tempat tanam yang telah dipersiapkan memiliki ukuran diameter yang lebih besar maka kita bisa sesuaikan jumlah rimpang kencur yang akan kita tanam.

Penentuan jumlah rimpang yang ditanam dalam wadah atau tempat tanam akan berpengaruh pada ketersedian oksigen saat nantinya tanaman memproduksi rimpang atau umbi kencur. Selain itu, sebagai nilai estetika, terlalu banyak meletakan rimpang dalam wadah yang kecil maka tumbuhnya daun akan semakin tidak beraturan karena antara tunas rimpang yang satu dengan yang lain akan saling berebut space saat menumbuhkan daun baru. Hal itu akan berbeda ketika menanam kencur langsung dalam tanah dan pada area yang cukup luas. Jadi, ketika menanam kencur dalam pot namun tetap menarik untuk dilihat, kita bisa atasi dengan cara yang sederhana seperti yang telah disebutkan di atas.
Menanam Kencur Dalam Pot dan Polybag Menanam Kencur Dalam Pot dan Polybag Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 22, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.