Tanaman Gantung Lipstik Mudah di Stek


Salah satu tanaman gantung yang cocok untuk ditempatkan diteras rumah ialah tanaman gantung lipstik. Tanaman ini akan mendukung area teras dengan warna hijau dan merah yang pekat.


Selain untuk ditempatkan pada area depan atau teras, tanaman gantung lipstik dengan nama ilmiah Aeschynanthus radicans ini juga cocok untuk diletakan pada area indoor. Hal ini didukung dengan kondisi daun tanaman yang teksturnya sedikit tebal, maka penyiraman bisa dilakukan setiap 5-6 hari sekali atau bahkan lebih. sebagai tambahan, pemilihan media tanam harus sesuai agar nutrisi dalam tanah tidah mudah terbuang setiap kali dilakukan penyiraman. Media tanam yan cocok untuk tanaman lipstik adalah campuran antara pasir, cocopeat serta sekam bakar. Kombinasi antara tiga media tanan tadi akan cocok untuk digunakan. Untuk melakukan penyiraman sebaiknya dengan metode semprot langsung pada media tanamnya. Pupuk bisa gunakan apapun dengan kandungan npk yang seimbang agar tanaman tetap menghasilkan daun yang subur disertai bunga.

Tanaman lipstik atau Aeschynanthus radicans senang hidup pada area shade atau yang tidak terkena matahari langsung. Kondisi matahari langsung yang terus menerus akan membuat daunnya terbakar atau berwarna kecoklatan.

Stek tanaman gantung lipstik bisa dilakukan dengan cara memotong batang yang sudah terlalu panjang. Dengan mengambil bahan stek atau prunning (pemangkasan) tanaman gantung lipstik, kita akan mendapatkan cabang- cabang baru yang akan tumbuh dan membuat tanaman tumbuh dengan lebih rapat. Untuk melakukan prunning, sebaiknya dilakukan seusai tanaman menghasikan bunga atau ketika tanaman sedang tidak berbunga agar cabang batang baru bisa segera tumbuh tanpa terganggu fase berbunga.

Stek tanaman lipstik tidak memerlukan sungkup atau diletakan pada green house. Kita hanya perlu memotong pada area bawah daun lalu menancapkan pada media tanam yang sehat. Sesimpel itu melakukan perbanyakan stek pada tanaman gantung lipstik. Letakan stek yang telah ditancapkan pada area bawah naungan agar proses tumbuhnya akar bisa berlangsung dengan normal.
Tanaman Gantung Lipstik Mudah di Stek Tanaman Gantung Lipstik Mudah di Stek Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.