Perbedaan Seed Seedling Benih Bibit


Mengenal istilah-istilah mendasar pada bidang pertanian yang terkadang masih kurang dimengerti atau kurang tepat saat dipergunakan. Berikut beberapa istilah yang bisa kita pelajari agar proses belajar bertanam semakin mudah untuk dilakukan.


Seed
Seed atau dalam bahasa Indonesia disebut biji merupakan bagian dari tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan  pembiakan tanaman secara generatif. Untuk membudidayakan tanaman, menggunakan biji bisa saja merupakan satu-satunya cara yang harus dilakukan. Disisi lain, melakukan pembiakan tanaman dari biji juga bisa bertujuan untuk mendapatkan rootstock sebagai bahan melakukan sambung pucuk ataupun pembuatan akar ganda pada tanaman.

Seedling
Merupakan sebuah tahap yang bermula dari biji tanaman kemudian berlanjut ke tahap perkecambahan hingga akhirnya biji tumbuh menghasilkan daun.

Benih
Sama dengan biji, penggunaan istilah benih mengindikasikan bahwa pada tahap ini biji-biji yang ada telah mengalami proses seleksi untuk kebutuhan atau tujuan selanjutnya, sebagai contoh untuk tujuan dijual atau untuk ditanam kembali.

Bibit
Adalah tahap dimana sebuah tanaman sudah mencapai fase siap kapanpun waktunya dipindahkan ke area pembesaran. Bibit tanaman bisa berasal dari beragam sumber, sebagai contohnya; bibit yang berasal dari biji, cangkok, stek, sambung pucuk, kultur jaringan dll.

Perbedaan Seed Seedling Benih Bibit Perbedaan Seed Seedling Benih Bibit Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on December 21, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.